Sukses

TNI: 20 Anggota OPM Baku Tembak 4 Jam di Lanny Jaya

Hingga kini, korban dari pihak OPM belum dapat diketahui identitasnya.

Liputan6.com, Jayapura - Kodam XVII/Cenderawasih mengaku kelompok Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang melakukan baku tembak dengan aparat gabungan siang tadi di Distrik Pirime, Kabupaten Lanny Jaya, Papua, berjumlah sekitar 20 orang.

Panglima Kodam Cenderawasih, Mayjen TNI Christian Zebua mengatakan kontak tembak yang terjadi berlangsung sekitar 4 jam itu menewaskan 5 anggota OPM akibat terkena tembakan. Hingga kini, korban dari pihak OPM belum dapat diketahui identitasnya.

"Situasi masih belum memungkinkan untuk dilakukan pengecekan. Sementara korban luka tembak dari anggota kami telah berhasil dievakuasi ke Jayapura dan saat ini dalam perawatan di RS TNI Marthen Indey," ujar Zebua di Jayapura, Jumat (1/8/2014)

Zebua mempersilakan pihak kepolisian jika ingin berkonsolidasi dengan kelompok tersebut. Namun pihaknya mengaku akan tetap melumpuhkan kelompok itu setelah mereka tak menghiraukan pendekatan persuasif yang telah dilakukannya.

"Kami hanya ingin mengamankan jalur perekonomian agar tetap lancar dan tidak boleh ada gangguan dari kelompok itu. Kami juga ingin masyarakat tetap terlindungi dan tidak terjadi pengungsian. Roda pemerintahan juga harus berjalan normal dan tidak terpengaruh dengan adanya aksi dari kelompok pengacau tersebut," paparnya.

Penembakan yang terjadi hari ini, menurutnya telah diantisipasi dan diprediksi oleh pihak TNI. Sehingga minim anggotanya yang menjadi korban. Ia mengaku tidak ingin menembak habis kelompok separatis, jika kelompok tersebut tak melakukan penembakan terlebih dahulu.

"Kami tetap berduka dan menyayangkan kontak tembak hari ini. Mereka yang menjadi korban adalah juga saudara-saudara kami yang masih berbeda pendapat. Lima orang yang menjadi korban hari ini cukuplah untuk membuat kelompok tersebut instropeksi," jelas Zebua.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • opm
    <p style="text-align: justify;"><span style="font-size:14px"><span style="font-family:arial,helvetica,sans-serif">OPM mengandung Omeprazole.&nbsp;OPM merupakan obat yang digunakan untuk mengobati masalah perut tertentu dan masalah kerongkongan.&nbsp

    OPM

  • Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia.
    Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia.

    TNI

  • Lanny Jaya