Sukses

Usai Mudik, Pendatang Baru akan Serbu Jakarta

Akan ada penambahan jumlah pendatang baru di Jakarta sekitar 25,5 persen dibandingkan tahun lalu usai arus balik ini.

Liputan6.com, Jakarta - Arus balik usai libur Lebaran tahun ini diperkirakan mencapai puncaknya pada Sabtu 2 Juli 2014 dan Minggu 3 Juli 2014. Diperkirakan dari tahun ke tahun penduduk Jakarta akan bertambah usai berlangsungnya mudik Lebaran karena mereka yang kembali ke Jakarta membawa sanak saudara atau teman satu kampung ke Jakarta.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta, Purba Hutapea memprediksi akan ada penambahan jumlah pendatang baru di Jakarta sekitar 25,5 persen dibandingkan tahun lalu usai arus balik ini.

"Kalau dibandingkan tahun lalu, jumlah pendatang baru mencapai 51 ribu orang. Ini didata paska Lebaran hingga H+7 Lebaran. Jadi ada peningkatan 25,5% atau sekitar 17.500 dari tahun lalu," kata Purba di Jakarta, Jumat (1/8/2014).

Purba menerangkan, dari jumlah pendatang baru tersebut, terbagi 3 kategori yaitu ada pendatang baru yang akan menetap permanen di Jakarta, ada yang tinggal sementara waktu dan ada yang melanjutkan kembali pulang ke kampung halaman.

"Biasanya yang menetap permanen ini merupakan kaum urban yang ingin mengubah nasib di Jakarta. Kalau yang tinggal sementara biasanya hanya ingin menghabiskan waktunya dengan mengunjungi tempat-tempat wisata. Ada juga yang hanya tinggal selama libur Lebaran lalu pulang ke daerah asalnya," terang Purba.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini