Sukses

PM Turki: Serangan Israel di Gaza Seperti Hitler Bantai Yahudi

Liputan6.com, Ankara - Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan kembali melontarkan kritik pedas kepada Israel terkait agresi militer di Gaza, Palestina. Menurut dia, kebrutalan pasukan Israel di Gaza sama seperti yang dilakukan pemimpin Nazi Adolf Hitler.

Untuk itu, Erdogan mengaku siap mengembalikan semua penghargaan yang pernah ia terima dari pihak Yahudi-Amerika pada 2004 sebagai bentuk protes kepada Israel.

"Kebrutalan, genosida, fasisme ala Hitler dan rezim pembunuhan anak-anak," ujar Erdogan saat berkampanye Pemilihan Presiden Turki, seperti dimuat Al-Arabiya, Jumat (1/8/2014).

Dia menjelaskan, apa yang telah dilakukan Israel mirip seperti yang dilakukan Hitler dan kelompoknya, Nazi saat membantai kaum Yahudi saat Perang Dunia II.

"Apa bedanya aksi Israel dengan yang dilakukan Nazi dan Hitler?" ujar Erdogan dalam orasinya. "Coba kalian jelaskan apa yang telah dilakukan Israel di Gaza, Palestina, kalau bukan genosida?"

"Ini rasisme. Ini fasisme. Ini sama saja menghidupkan kembali spirit Hitler," imbuh dia.

Israel dan Hamas saat ini sepakat gencatan senjata kemanusiaan selama 72 jam sejak Jumat pukul 08.00 waktu setempat. Kesepakatan itu dimediasi oleh Sekjen PBB Ban Ki-moon dan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry.

Hingga kini, korban tewas warga Palestina telah mencapai 1.437 jiwa, dan lebih dari 8.100 orang terluka. 56 Orang Israel yang hampir semua dari mereka adalah tentara, tewas sejak Israel melancarkan serangannya terhadap Gaza pada 8 Juli lalu. (Yus)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.