Sukses

Didemo, Pentas Israel Batal di Festival Seni Edinburgh Skotlandia

Liputan6.com, Edinburgh - Sebuah pertunjukan seni Israel di festival Edinburgh Fringe, Skotlandia dibatalkan, hanya setelah satu kali pentas. Hal ini akibat unjuk rasa yang dilakukan kelompok pendukung Palestina.

Seperti dilansir BBC, Jumat (1/8/2014) The City, opera hip-hop kelompok teater dari Jerusalem yang menerima pendanaan pemerintah Israel itu, menjadi sasaran demonstrasi.

Pertunjukan kelompok Incubator Theatre yang bermarkas di Jerusalem itu dibuka Rabu 30 Juli kemarin. Sekitar 100 orang anggota Kampanye Solidaritas Palestina Skotlandia berunjuk rasa di luar tempat pertunjukan.

Dua pekan lalu, 50 seniman dan penulis Skotlandia juga menandatangani surat menuntut pembatalan The City. Pihak lokasi pertunjukan The Underbelly menyatakan, unjuk rasa ini telah mengganggu sejumlah pertunjukan lain.

The Underbelly tidak memiliki pilihan kecuali membatalkan pertunjukan yang seharusnya berlangsung sampai 25 Agustus di Edinburgh itu.

Juru bicara Underbelly mengatakan, "Setelah dilakukan perundingan antara Underbelly, Incubator Theatre, Universitas Edinburgh dan kepolisian Skotlandia disepakati bahwa pertunjukan selanjutnya dibatalkan."

Sementara opera hip-hop atas biaya pemerintah Israel tersebut, menurut para pegiat layak diboikot, terutama karena buruknya keadaan saat ini di Gaza.

Baca juga:

Dalih Israel Tetap Bombardir Gaza Meski Ribuan Nyawa Melayang

Obama Dituntut DPR Amerika Serikat

Hamas Ajak Hizbullah Lebanon Bertempur Lawan Israel

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.