Sukses

Hamas Ajak Hizbullah Lebanon Bertempur Lawan Israel

Liputan6.com, Gaza - Kelompok Hamas Palestina meminta kelompok Hizbullah Lebanon untuk bergabung memerangi militer Israel, demi menghadang gempuran intensif dari negeri zionis yang telah dilancarkan selama 23 hari.

"Kami berharap garda terdepan Lebanon bergabung dengan barisan kami melawan Israel," ujar petinggi Hamas Abu Marzouk kepada RIA Novosti, yang dimuat Al-Arabiya, Kamis (31/7/2014)

Menurut dia, pasukan Lebanon sangat berarti bagi mereka. Hizbullah dinilai memiliki kekuatan yang bisa menghancurkan Israel.

"Tak ada alasan yang bisa mematahkan kekuatan Lebanon," jelas Marzouk.

Sinyal bantuan dari Hizbullah sebelumnya telah didengungkan sang pemimpin, Hassan Nasrallah. Dia mengatakan pihaknya siap membantu Hamas yang mempertahankan tanah kelahiran mereka dari gempuran Israel.

"Hizbullah dan kelompok militan Lebanon lainnya berdiri di samping rakyat Palestina dan membantu Hamas mengatur strategi, juga berusaha menyelesaikan konflik," ujar Nasrallah, 22 Juli.

Dia menegaskan pihaknya optimistis bisa menjadi "tembok pertahanan" bagi Hamas dan menghancurkan Israel. Keyakinan itu lantaran keberhasilan Hizbullah menghadapi Israel pada 2005 silam.

Sementara itu, Israel saat ini menambah 16 ribu tentaranya untuk menggempur Gaza. Dengan demikian, sudah ada 86 ribu yang dikerahkan sejak "Protective Edge Operation" dilancarkan negeri zionis.

Jumlah korban jiwa di Gaza akibat serangan Israel hingga kini mencapai 1.363 orang. Sementara ada 68 orang Israel yang meregang nyawa, yang terdiri dari 66 tentara dan 2 warga sipil. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini