Sukses

Malaysia Airlines Nyaris Tabrakan dengan Tigerair

Liputan6.com, Jakarta - Kecelakaan hampir kembali menimpa maskapai Malaysia Airlines. Pesawat terbang pelat merah Malaysia itu nyaris bertabrakan dengan pesawat maskapai Singapura Tigerair di Australia.

Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH136 mesti batal lepas landas di Bandara Internasional Adelaide, pada Selasa 29 Juli 2014, lantaran tanpa diduga ada Tigerair dengan nomor penerbangan TT449 yang masuk ke bandara Negeri Kanguru tersebut.

Pengendali lalu lintas udara terpaksa menginstruksikan Malaysia Airlines yang sudah masuk landasan pacu 5 untuk membatalkan tinggal landas dalam penerbangan menuju Kuala Lumpur, Malaysia. Saat itu, MH136 yang mengangkut 167 penumpang langsung mengerem di landasan pacu.

"MH136 sudah siap untuk meninggalkan Bandara Adelaide dan sudah masuk landasan pacu ketika diminta pengawas lalu lintas udara Adelaide untuk tidak melanjutkan tinggal landas karena ada pesawat masuk," demikian pernyataan Malaysia Airlines, seperti dimuat News.com.au, Kamis (31/7/2014),

Pihak pemantau udara juga meminta Tigerair TT449 untuk terbang memutar demi mencegah kecelakaan. Dilaporkan The Aviation Herald, rupanya Tigerair terbang lebih tinggi dan lebih cepat.

Namun pihak Tigerair mengatakan, pihaknya telah menjalankan operasional penerbangan sesuai prosedur. "Kami mempekerjakan pilot terlatih dan keselamatan penerbangan adalah prioritas kami," demikian pernyataan Tigerair.

Malaysia Airlines pada tahun ini dilanda dua musibah, yakni hilangnya pesawat dengan nomor penerbangan MH370 yang hingga kini belum ditemukan dan kecelakaan MH17 di langit Ukraina yang diduga akibat ditembak rudal. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.