Sukses

Macet di Puncak, Butuh 5 Jam untuk Jarak 15 KM

Hingga Kamis (31/7/2014) dini hari jalur wisata Puncak, Bogor, Jawa Barat, macet total.

Liputan6.com, Bogor - Pada H+2 Lebaran, antrean kendaraan wisatawan mengular di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Jalur wisata Puncak bahkan mengalami macet total hingga Kamis (31/7/2014) dini hari atau pukul 01.45 WIB.

Kemacetan dimulai dari pintu keluar Tol Ciawi. Mobil dari arah Jakarta terhenti perjalanannya ketika ingin memasuki jalur Puncak hingga tidak bergerak sama sekali. Antrean kendaraan ini mengular sampai ke kawasan Puncak.

Kepadatan arus lalu lintas di daerah Puncak ini karena banyak warga Jakarta yang ingin berlibur di vila-vila yang tersedia di daerah wisata alam tersebut. Beberapa orang joki sebagai penunjuk arah jalan alternatif berinisiatif menawarkan jasanya kepada para pengemudi untuk dapat melewati jalan tersebut agar cepat sampai tujuan.

Para keluarga yang menggunakan kendaraan pribadi banyak yang menggunakan jasa para joki tersebut. Sedangkan para sopir yang enggan menggunakan jasa joki menepikan mobilnya untuk beristirahat.

Atau juga mencari alternatif jalan lain untuk beristirahat dan kemudian melanjutkan perjalanannya setelah penat dalam kepadatan arus lalu lintas. "Saya cari masjid sekitar sini saja untuk beritirahat," kata Rama, warga Jakarta yang hendak berlibur ke Cipanas.

Rama mengatakan dirinya bersama keluarga besarnya ingin berlibur di daerah Puncak dan berangkat dari Lenteng Agung, Rabu 30 Juli pukul 23.30 WIB. "Saya sudah berangkat tengah malam, tapi ternyata masih saja macet total," keluhnya.

Kepadatan arus lalu lintas sudah terjadi mulai Rabu 30 Juli pukul 07.30 WIB, antrean kendaraan hingga mencapai rest area Kilometer 45.

Petugas memberlakukan sistem satu arah pada pukul 08.30 sampai dengan 12.48 WIB dan imbasnya arus dari Cianjur menuju Bogor menjadi macet parah dengan antrean hingga perbatasan Kota Bunga.

Selain itu, petugas juga telah mengalihkan arus yang keluar Tol Ciawi ke arah Kota Bogor untuk mengurai antrean kendaraan yang menuju Puncak. Petugas memberlakukan dua arah pukul 13.00 WIB, namun upaya tersebut tidak mampu mencairkan kepadatan arus hingga kemacetan tidak terelakkan.

Kepolisian Resor Bogor mengeluarkan imbauan kepada pengendara yang ingin ke Puncak agar berbalik arah dan tidak melanjutkan perjalanan karena kepadatan jalan yang terjadi tidak lagi mampu menampung jumlah kendaraan yang datang. (Ant)

Baca juga:

Antrean Kendaraan Menuju Puncak Mengular 10 Kilometer
Hiruk Pikuk Libur Lebaran
Macet Total, Polres Cianjur Tutup Jalur ke Cipanas-Puncak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.