Sukses

Kapal Tenggelam di Lepas Pantai Libya, 20 Imigran Tewas

Para korban selamat mengatakan mereka mencoba menyeberangi Laut Tengah menuju Italia.

Liputan6.com, Tripoli - Sebuah kapal yang membawa 150 orang tenggelam di lepas pantai yang berjarak sekitar 100 kilometer dari ibukota Libya, Tripoli. Seperti dilansir Kantor Berita Italia ANSA, Rabu 30 Juli 2014, sedikitnya 20 imigran asal Afrika tewas, sedangkan puluhan lainnya hilang.

Menurut sejumlah sumber Libya, 22 orang berhasil diselamatkan oleh tim SAR Libya.

"Para korban selamat mengatakan mereka mencoba menyeberangi Laut Tengah menuju Italia dan ada sebanyak 150 orang di kapal tersebut," kata salah satu sumber Libya kepada ANSA, seperti dikutip dari Xinhua, Kamis (31/7/2014).

Sementara itu, dalam insiden terpisah lebih dari 100 orang Afrika dibawa ke pelabuhan di Sisilia setelah diselamatkan oleh kapal patroli SAR Italia, Mare Nostrum.

Pantai selatan Italia digunakan sebagai titik masuk ke Eropa oleh pengungsi Afrika. Italia telah meminta bantuan Uni Eropa dalam menangani apa yang telah menjadi keadaan darurat. Namun sejauh ini tidak ada langkah-langkah signifikan dilakukan.

Komisi Tinggi PBB Urusan Pengungsi (UNHCR) memprediksi arus pengungsi tersebut terus meningkat. Bahkan, mengakibatkan sedikitnya 500 kematian di laut sejak awal 2014.

Baca juga:

Mengharukan, Sejoli Penumpang Kapal Imigran Tewas Berpelukan
2 Kapal Terbalik, 22 Imigran Tewas Tenggelam di Perairan Yunani
25 Imigran Afrika Digagalkan-Api Lahan Pabrik di China

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini