Sukses

Antrean Kendaraan Menuju Puncak Mengular 10 Kilometer

Ratusan kendaraan berjalan merayap saat melewati jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan kendaraan berjalan merayap saat melewati jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat. Hingga Rabu malam 30 Juli 2014 di beberapa titik, kendaraan yang datang dari arah Cianjur yang hendak menuju Jakarta tidak bisa bergerak selama beberapa jam.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Kamis (31/7/2014) dini hari, kondisi ini diakibatkan membludaknya jumlah wisatawan yang berlibur di kawasan ini.

Ekor kemacetan sudah sampai ke Kota Cianjur. Bagi pengendara yang sering melewati kawasan puncak, ini adalah yang paling parah karena kendaraan tidak bisa bergerak selama beberapa jam.

Sejumlah titik yang diduga menjadi sumber kemacetan adalah Riung Gunung, Simpang Taman Safari, tanjakan Cikopo, dan Mega Mendung.

Sistem buka-tutup yang diberlakukan selama beberapa kali pun juga tidak banyak membantu, karena jumlah kendaraan yang berada di kawasan ini jauh melebihi daya tampung jalan.

Kemacetan menuju lokasi wisata Puncak ini sudah terasa sejak pagi tadi. Sebelum pintu keluar Tol Ciawi, antrean kendaraan sudah mencapai 10 kilometer. Seorang pengendara bahkan sempat menunda wisata ke Puncak karena sudah macet sejak Selasa 29 Juli 2014 kemarin.

Upaya mengalihkan kendaraan melalui jalur alternatif ternyata juga tidak mampu memecah kemacetan, karena jalur alternatif juga macet.

Suasana yang sama berlanjut hingga Rabu 30 Juli siang dan petang tadi. Kepadatan kendaraan tidak hanya dari arah Jakarta  tetapi juga sebaliknya dari arah Cianjur.

Menghindari agar kendaraan masih bisa bergerak, polisi akhirnya memberlakukan sistem buka-tutup. Kemacetan sempat mencair, namun ini tidak berlangsung lama. Meski telah dilakukan rekayasa lalu lintas, tetap tidak bisa mengatasi kemacetan karena membludaknya kendaraan yang lewat jalur wisata ini.

Bagi pengendara yang tetap berencana berwisata ke kawasan Puncak, Anda harus siap menghadapi kemacetan.

Baca juga:

Macet di Puncak Berstatus 'Koma', Pengendara Diminta Balik Arah
Jalur Puncak Macet, Calo Jalan 'Tikus' Raup Untung Ratusan Ribu
Kemacetan di Jalur Puncak Bogor Mengular Hingga 8 Km

(Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini