Sukses

Jackie Chan Jadi Duta Pariwisata Indonesia

Nantinya aktor kelahiran Victoria Peak, Hong Kong 7 April 1954 silam itu akan menyanyikan lagu Bengawan Solo.

Liputan6.com, Jakarta - Aktor dan bintang film asal Hong Kong Jackie Chan diangkat menjadi duta pariwisata Indonesia khusus untuk pasar Tiongkok.

"Ini akan sangat menguntungkan bagi Indonesia dan kami harapkan ini bisa membantu target untuk mampu menjaring 1 juta wisatawan dari Tiongkok tahun ini," kata Direktur Promosi Pariwisata Luar Negeri Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Nia Niscaya di Jakarta, Selasa (29/7/2014).

"Penobatan secara resmi akan dilakukan pada 30 Agustus 2014 dalam acara China International Travelmart di Guangzhou," imbuh dia.

Nantinya aktor kelahiran Victoria Peak, Hong Kong 7 April 1954 silam itu akan menyanyikan lagu Bengawan Solo di acara tersebut. Lagu Bengawan Solo selama ini sudah dikenal secara luas di Tiongkok.

Nia mengatakan, lagu Bengawan Solo versi mandarin ala aktor yang telah menelurkan sedikitnya 100 judul film itu akan direkam. Lagu tersebut nantinya bisa diunduh secara gratis di website cn.indonesia.travel.

Aktor yang juga penyanyi cantopop dan mandopop itu nantinya bertugas untuk turut serta mempromosikan pariwisata Indonesia dalam setiap kegiatannya. Jackie dipilih karena kiprahnya di dunia seni yang telah dimulai sejak 1970-an.

Promosi semacam itu, lanjut dia, dinilai efektif karena pemerintah Indonesia tidak perlu mengeluarkan dana apapun sebagai kompensasi terhadap duta yang ditunjuk. Meski begitu dampak yang ditimbulkannya relatif besar.

Seperti yang terjadi beberapa tahun lalu, saat ekonom dunia Philip Kotler diangkat sebagai duta pariwisata Indonesia. (Ant/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.