Sukses

Pertama Kali, Jasad Korban MH17 Berhasil Diidentifikasi

Liputan6.com, Donetsk - Untuk pertama kalinya, jasad korban jatuhnya pesawat maskapai Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH17 berhasil diidentifikasi. Ahli forensik sukses menemukan identitas penumpang tersebut.

Menurut Keterangan Kementerian Kehakiman Belanda, jasad tersebut diketahui merupakan warga mereka. Identitasnya lengkapnya sudah diberitahu keluarga. Namun tak bisa diungkap ke publik.

"Ini warga Belanda. Sebagian besar informasi tentang identitasnya telah kita informasikan ke keluarga," demikian pernyataan Kementerian Kehakiman Belanda, seperti dimuat Telegraph, Minggu (27/7/2014).

Pesawat MH17 jatuh akibat ditembak roket di atas udara Ukraina Timur, tepatnya di antara kawasan Krasni Luch, Luhansk dan Shakhtarsk, dekat Donetsk pada 17 Juli. Donetsk adalah kota yang dikuasai pihak pemberontak pro-Rusia.

Ada 298 penumpang di dalam pesawat yang ditembak di langit Ukraina tersebut. Sebanyak 193 di antaranya warga Belanda. 12 lainnya adalah warga negara Indonesia.

Sebagian jasad dan potongan tubuh telah diterbangkan ke Belanda. Tim forensik dari Belanda saat ini tengah mengidentifikasi jenazah tersebut. Sementara ratusan jasad lainnya masih berada di sekitar lokasi jatuhnya pesawat.

"Ada 200 spesialis yang tengah sibuk mengidentifikasi. Mungkin butuh waktu sebulan untuk merampungkan semuanya," jelas Kementerian Belanda.

Untuk mencari dan mengidentifikasi penumpang yang merupakan warga negara Indonesia (WNI), Mabes Polri mengirim satu Tim Disaster Victim Investigation (DVI) ke Ukraina pada 22 Juli lalu. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.