Sukses

Puncak Libur Lebaran, 36 Ribu Pengunjung Bakal Padati Malioboro

Hari biasa pengunjung 9.600 orang per hari. Adanya libur ini maka akan ada pengunjung sampai 4 kali lipat dari jumlah kunjungan per hari.

Liputan6.com, Yogyakarta - Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, mulai dipenuhi pemudik khususnya pada H-2 Lebaran. Kondisi ini terlihat dari padatnya di beberapa titik jalan protokol di Kota Yogya yang dipenuhi mobil maupun sepeda motor.

Pantauan Liputan6.com, Sabtu (26/7/2014), kondisi lalu lintas di Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Mangkubumi, Jalan Malioboro, dan Jalan Ahmad Dahlan, mengalami kepadatan.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Malioboro Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta Ari Suryani mengatakan mulai Sabtu ini di Jalan Malioboro mulai dipenuhi pengunjung maupun pemudik.

"Baru mulai hari ini (Sabtu) kelihatan padat pengunjung untuk membeli perlengkapan Lebaran dan pemudik yang sampai di Yogya dari pantauan di CCTV Malioboro mulai padat," ujar Ari kepada Liputan6.com.

Ari menjelaskan mulai hari ini hingga 2 Agustus mendatang pengunjung di Malioboro bisa sampai 36 ribu pengunjung pada puncak libur Lebaran. Namun Ari mengatakan kondisi padatnya di Malioboro terpantau fluktuatif. Ada saat di mana pengunjung sangat tinggi dan mencapai jumlah 36 ribu pengunjung namun ada saat kondisi Malioboro kembali normal.

"Hari biasa pengunjung 9.600 orang per hari, dengan adanya libur ini maka akan ada pengunjung sampai 4 kali lipat dari jumlah kunjungan per hari. Terhitung mulai hari ini sampai tanggal 2 Agustus 2014 nanti. Jadi puncaknya ada 36 ribu pengunjung pada libur Lebaran ya untuk belanja maupun wisata," ujar Ari.

Ari menyebut Malioboro akan terlihat padat pada H+2 Lebaran. Prediksi ini melihat pemudik yang baru sampai pada hari ini namun belum melakukan aktivitas keluar rumah. Sehingga aktivitas wisata khususnya ke Malioboro baru akan terjadi pada H+2.

"Diperkirakan wisatawan baru sampai Yogya saat ini, tapi belum ke Malioboro. Tapi bagi wisatawan yang ingin belanja di sini kemungkinan pada H+2 libur Lebaran," ucap Ari.

Ari menyebut pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak Dinas Perhubungan dan kepolisian setempat jika nantinya arus lalu lintas di Malioboro terpantau padat dan macet.

"Rekayasa lalu lintas sudah dilakukan Dinas Perhubungan, tapi melihat kondisi di Malioboro akan ada sistem buka-tutup dan pengalihan arus jika memang sudah padat sekali. Jadi nanti kendaraan akan dialihkan ke Kleringan diputar ke Kridosono. Atau bisa ditutup dulu sampai nanti bisa dilalui baru dibuka lagi," pungkasnya.

Baca juga:

2 Hari Tertahan, Pengemudi Truk Diizinkan Menyeberang ke Lampung
Jumlah Pemudik Meningkat, 38 Kereta Tambahan Disiapkan PT KAI
H-2 Lebaran, Waspadai Jalur Mudik Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.