Sukses

Menag: Tak Lunasi Ongkos Haji, Calon Jemaah Terancam Diganti

"Hanya 1 sekian persen yang belum melunasi itu dan kita masih tunggu sampai setelah lebaran ini," ucap Menteri Agama Lukman.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama: Kuota Haji Tahun Ini Hampir 100%

Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin meminta calon jemaah haji untuk melunasi pembayaran perjalanan hajinya. Karena jika tidak, pihaknya akan mengembalikan mereka ke daerahnya masing-masing.

"Kalau pun tidak terserap secara maksimal dan optimal, akan saya kembalikan ke setiap provinsi berdasarkan kabupaten dan kotanya masing-masing," kata Lukman usai berbuka puasa bersama di kediamannya, Jalan Widya Chandra, Jakarta, Jumat (25/7/2014).

Calon jamaah haji yang dipulangkan itu, lanjut dia, akan digantikan dengan calon jamaah haji lainnya yang dipilih secara acak. Hal tersebut dilakukan untuk mengisi kuota jemaah haji hingga penuh. Agar calon jemaah lain yang lebih mampu secara fisik maupun materi dapat diberikan kesempatan.

"Dikembalikan untuk digunakan oleh nomor urut berikutnya sesuai urut acak. Jadi prinsipnya berapa pun sisa kuota sedapat mungkin harus digunakan oleh para calon jemaah haji yang sudah antre bertahun-tahun itu," jelas Lukman.

Lukman menegaskan hingga saat ini, kuota haji sudah hampir terisi penuh. Menurutnya, 98 persen calon jamaah haji telah melunasi pembayaran perjalanan haji mereka. Namun, masih ada sejumlah calon jamaah yang belum melakukan pembayaran. Karena itu pihaknya mengimbau kepada calon jamaah tersebut.

"Sudah hampir 100 persen. Hanya 1 sekian persen yang belum melunasi itu dan kita masih tunggu sampai setelah lebaran ini," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini