Sukses

Pemerintah akan Tindak Tegas PNS yang Bolos Usai Libur Lebaran

Sanksi yang akan diterapkan kepada PNS yang bolos usai libur Lebaran itu dilihat dari berapa lama waktu para PNS itu bolos bekerja.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PAN-RB) Azwar Abubakar mengaku tak main-main menindak para pegawai negeri sipil (PNS) yang bolos usai libur Lebaran nanti.

"Buat PNS yang bolos saat Lebaran pasti ada sanksi. Mau Lebaran nggak Lebaran pasti ada sanksi," kata Azwar usai penandatanganan Peraturan Bersama Menteri di Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Jumat (25/7/2014).

Azwar menambahkan, sanksi yang akan diterapkan kepada PNS yang bolos usai libur Lebaran itu dilihat dari berapa lama waktu para PNS itu bolos bekerja. Namun, jika ada PNS yang kedapatan bolos bekerja hingga 5 hari atau lebih secara berturut-turut usai libur Lebaran, Azwar tak main-main untuk memecat PNS tersebut.

"Kalau cuma 2 hari sanksinya apa, kalau sekian berapa. Kalau sampai tiap tahun begitu kan tidak disiplin, ya jangan dikasih dong. Kalau sampai lebih dari 5 hari keluarkan saja," terang Azwar.

Meski demikian, sanksi yang akan diberikan dapat dihitung tergantung berat ringannya kesalahan yang dibuat pegawai tersebut. Apabila masih dapat dimaklumi seperti libur yang tak lebih dari 2 hari, maka mereka akan diberi surat peringatan.

"Tergantung berat ringannya, jadi kalau orang nggak masuk 2 hari diberi peringatan, nanti bulan depan nggak masuk lagi 2 hari, itu kita beri surat peringatan pertama. Bulan depan begitu lagi, surat peringatan kedua. Keempat kelima kali begitu lagi, ya berhentikan saja. Ada peraturannya," tutur Azwar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini