Sukses

Dugaan Pungli, Ahok: Dinas P2B dan Tata Ruang Bikin Pusing

Ahok menilai, Dinas P2B dan Dinas Tata Ruang terindikasi melakukan praktik pungli, karena berhubungan langsung dengan masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama sempat kaget saat melakukan sidak di Balai Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Kedaung Kali Angke, Jakarta Barat, pada Rabu 23 Juli 2014 kemarin. Sebab, dalam sidak tersebut pria yang karib disapa Ahok ini menemukan praktik pungli dari anggota Dinas Perhubungan Balai PKB.

Selain itu, Ahok juga mensinyalir ada 2 dinas lagi yang 'bermain' praktik pungli, yaitu Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan (P2B) dan Dinas Tata Ruang. Saking pusingnya, Ahok meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap anggota PNS yang terlibat praktik pungli di dinas tersebut.

‎"Dinas P2B dan Tata Ruang ini bikin pusing. Tangkap-tangkapin aja semuanya," kata Ahok di Balaikota DKI Jakarta, Kamis (24/7/2014).

Mantan Bupati Belitung Timur ini menilai, Dinas P2B dan Dinas Tata Ruang terindikasi melakukan praktik pungli, karena berhubungan langsung dengan masyarakat. "Dua dinas ini kan berhubungan langsung dengan masyarakat. Dinas P2B dan Tata Ruang ini banyak keluhan dari masyarakat," tandas Ahok.

Dalam sidaknya bersama Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanjo Rabu 23 Juli kemarin, Ahok bahkan mengancam akan memecat semua pegawai Dishub yang bekerja di PKB Kedaung Kali Angke. Atau paling tidak Ahok akan menurunkan pangkat jika terdapat PNS yang mengakui dugaan tindak kecurangannya.

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto mengatakan, berdasarkan opname cash yang dilakukan di loket pelayanan pajak Dishub di tempat tersebut, terdapat putaran pungutan rata-rata Rp 100 sampai Rp 200 ribu per kendaraan. Sedangkan hari itu terdapat 549 kendaraan yang terdaftar akan KIR, dan hari sebelumnya ada sekitar 700 kendaraan.

Selain itu, Bambang mengungkapkan alat-alat penguji KIR yang tersedia di Gedung PKB Kedaung Kali Angke, Jakarta Barat sebagian besar rusak, sekitar 80-90%, sehingga tidak berfungsi dengan baik. (Ein)

Baca juga:

Temukan Kecurangan, Ahok Ancam Pecat Anggota Dishub Jakarta Barat

Uji KIR Bermasalah, Ahok Semprot Kadishub Jakarta M Akbar

KPK Temukan 5 Kejanggalan Uji KIR di Jakarta Barat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.