Sukses

#WarisanJokowi untuk DKI Jakarta

Citizen6, Jakarta Joko Widodo, mungkin satu-satunya orang yang mempunyai karir cemerlang di pemerintahan. Setelah menjabat walikota Solo selama dua periode, laki-laki yang biasa disapa Jokowi ini langsung dicalonkan menjadi gubernur DKI Jakarta.

Awalnya banyak yang pesimis. Bagi kelompok ini, mereka menganggap Jakarta bukan Solo. Ada lebih banyak masalah yang harus dihadapi karena Jakarta adalah barometer kesuksesan untuk propinsi lain.

Keraguan para pesimistis itu dijawab dalam pemilukada DKI. Laki-laki kerempeng yang suka musik metal itu mengalahkan calon petahana, Fauzi Wibowo dengan telak. Joko Widodo yang lahir 21 Juni 1961 ini dilantik menjadi gubernur DKI Jakarta pada 15 Oktober 2012.

Belum dua tahun menjabat sebagai Gubernur DKI, didampingi wakil gubernur Basuki Tjahaya Purnama atau yang biasa dipangil Ahok, Jokowi telah melakukan perubahan banyak hal. Jokowi, tidak seperti yang banyak dituduhkan para “musuh-musuh”nya, terutama yang tidak setuju karena Jokowi mencalonkan presiden periode 2014-2019.

Seseorang dengan akun Twitter @hariadhi  menjabarkan apa saja yang telah sukses dikerjakan oleh Jokowi selama masa jabatannya yang singkat itu. Akun twitter @hariadhi  meng”kultwit”kan pencapaian jokowi dalam membangun ibukota dengan tagar #WarisanJokowi.

#WarisanJokowi untuk warga Jakarta itu diantaranya adalah:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Kampung Deret

1. Kampung Deret

Untuk menanggulangi banjir yang rutin setiap tahun datang, Jokowi membangun kampung-kampung yang berada pinggiran sungat dibah menjadi Kampung Deret. Mernurut @hariadhi Kampung Deret terbaik ada di Petogogan. "Rumah-rumah menyatu jadi Cluster yang rapi & ada taman, " katanya di linimasa.

Selain di daerah Petogogan, Kampung Deret yang dibangun oleh mantan walikota Solo itu adalah Kampung Deret Cilincing dan Cipinang Besar Selatan. Jokowi juga membangun ulang empat blok rumah susun, diantaranya di Tambora'

3 dari 6 halaman

Taman-taman Kota

2. Taman-taman Kota

Sebelumnya, taman-taman yang ada di sekitar Jakarta dibuat seadanya. Sejak Jokowi menjadi Gubernur, laki-laki yang suka blusukan ke kampung-kampung ini mulai menata agar kota tampak lebih indah. Beberapa Taman kota yang diubah menjadi cantik itu diantaranya adalah Taman Semanggi, Taman Ramah Anak Salam yang berada di Pasar Minggu,  Taman Tebet yang menurut @alisyahsamosir sekarang ada kolam ikan, bunga di sepanjang jogging track, alat2-alat olahraga, dan seluncuran anak-anak.

Lainnya adalah taman Hutan Kota Penjaringan, taman Vertikal Tugu Tani, Taman jalan layang Casablanca, Taman Tanah Abang dan lainnya. taman-taman itu terbukti mampu mengubah wajah Jakarta menjadi cantik. 

4 dari 6 halaman

Waduk Ria Rio

3. Waduk Ria Rio, Pluit dan Papanggo

Selama pemerintahan Jokowi yang belum genap dua tahun ini, banyak wadug yang dibuat indah. Pertama adalah waduk Pluit yang sebelumnya hanya menjadi tempat untuk menumpuk sampah, sekarang menjadi sebuah taman kota yang elok.

Kedua adalah waduk Pluit. @hariadhi di linimasa menyebutkan, waduk yang berada di Jakarta Utara ini sebelumnya dalah comberan raksasa busuk bekas rawa-rawa. Namun sekarang pemandangan di sini seperti Singapura. Begitu juga dengan Waduk Papanggo.

5 dari 6 halaman

Industri Berbasis Kampung

4. Industri Berbasis Kampung

Jokowi yang mengawali karirnya sebagai tukang mebel di Solo itu juga memperhatikan perkembangan industri kecil. Salah satu program yang dia jalankan adalah industri berbasis kampung. Program ini telah diterapkan, salah satunya adalah kampung tahu tempe yang berada di Tegal Parang, Mampang Jakarta Selatan. 

6 dari 6 halaman

Pertanian Hi-tech

5. Pertanian Hi-tech

Jokowi memang kreatif. Ide-idenya selalu tak terduga. Tukang mebel yang mulai Oktober 2014 resmi menjadi presiden ketujuh Indonesia ini diam-diam mengembangkan pertanian dengan teknologi tinggi. Salah satunya adalah Rumah kaca dan kebun virtual Marunda.

Masih menurut @hariadhi, Rumah kaca Marunda bisa menghasilkan Rp 24 JUTA sekali panen, berkah buat para petaninya.

Sebenarnya masih banyak hal yang telah dilakukan oleh Jokowi: Pembangunan rumah sakit khusus anak, lansia dan kanker di Pasar Minggu, Kartu Jakarta Sehat dan lain-lain. Hebat. Mudah-mudahan prestasi ini juga segera diikuti oleh propinsi-propinsi  lainnya di Indonesia

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Saat ini Citizen6, juga mengajak blogger untuk kolaborasi. Jika punya postingan baru, kirim alamat atau url websitenya ke kami. free.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.