Sukses

Sidang HAM di Jenewa, AS Tolak Resolusi PBB untuk Gaza

Liputan6.com, Jenewa - Dewan HAM PBB melakukan voting di Jenewa, Swiss untuk menyepakati sebuah resolusi yang mengutuk aksi serangan militer Israel ke Jalur Gaza, Palestina. Terdapat 29 negara, termasuk Indonesia yang menyetujui resolusi tersebut.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Kamis (24/7/2014), 17 negara lainnya seperti Prancis, Jerman, Jepang dan Inggris tidak memberikan suara dalam voting tersebut. Dan hanya 1 negara yang menolak resolusi itu, yakni Amerika Serikat.

Resolusi yang disepakati berisi seruan agar dunia internasional segera mengirimkan komisi penyelidik yang independen ke Gaza. Pengiriman itu dilakukan untuk menyelidiki terjadinya pelanggaran HAM dan hukum humaniter di wilayah tersebut.

Resolusi tersebut juga menekan Israel agar menghentikan serangannya ke wilayah Palestina.

Saling serang antara militer Israel dan kelompok militan Hamas di Palestina telah berlangsung sejak Selasa 8 Juli lalu. Hingga kini, lebih dari 680 warga Palestina tewas akibat serangan udara dan darat yang dilancarkan Israel ke sejumlah wilayah Gaza.

Sebagian besar korban dari pihak Palestina merupakan warga sipil, termasuk perempuan dan anak-anak yang tidak terlibat dalam kelompok Hamas. Sedangkan dari pihak Israel terdapat 34 warganya yang tewas akibat serangan roket Hamas. (Ali)

Baca juga:

Diserang Bertubi-tubi, Warga Gaza Kesulitan Evakuasi Korban Luka

Duka Kakek Gaza Kehilangan 8 Anggota Keluarga Ditembak Israel

Gara-gara Serangan Roket, Semua Penerbangan AS ke Israel Ditunda

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini