Sukses

Kabut Asap Kepung Riau Lagi, Jarak Pandang Cuma 2 Km

Untuk hari ini, satelit Terra dan Aqua dari BMKG mendeteksi 286 titik panas atau hotspot di Pulau Sumatera.

Liputan6.com, Jakarta - Kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan kembali menyelimuti sejumlah kabupaten dan kota di Riau. Di Pekanbaru dan Kabupaten Pelalawan, jarak pandang bahkan hanya 2 kilometer saja. Sedangkan wilayah lainnya berkisar antara 4 kilometer.

"Kabut asap ini berasal dari Kabupaten Rokan Hilir karena kebakaran hutan dan lahan palig besar di sana," kata juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo dalam pesan singkatnya di Pekanbaru, Riau, Rabu (23/7/2014).

Untuk hari ini, satelit Terra dan Aqua dari BMKG mendeteksi 286 titik panas atau hotspot di Pulau Sumatera. Sebanyak 160 titik terdapat Provinsi Riau dan Kabupaten Rokan Hilir terdapat 94 titik.

"Dari semua hotspot, 95 dipercaya sebagai titik api yang mengindikasikan kebakaran hutan dan lahan. Tingkat kepercayaan melebihi 70%," kata Agus.

Selain di Rokan Hilir, titik panas di Riau juga tersebar beberapa daerah lain. Seperti di Bengkalis sebanyak 8, 2 titik di Kampar, 9 titik di Dumai, 7 titik di Kuansing, 16 titik Pelalawan, 6 titik Rokan Hul, 2 titik Siak, 12 titik di Indragiri Hilir dan Indragiri Hulu.

"Sedangkan titik api kebakaran hutan dan lahan tersebar di Bengkalis 3 titik, Kampar 1, Kota dumai 3, Kuansing 3, Pelalawan 6, Rokan Hilir 63, Rokan Hulu 5, Siak 1, Indragiri Hilir 2 dan Indragiri Hulu 8 titik api," terang Agus.

Menurut Agus, cuaca Riau diprakirakan cerah berawa. Peluang hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di wilayah Riau bagian tengah, utara dan barat. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini