Sukses

Ahok Langsung Curhat ke Jokowi

Masih kata Ahok, Jokowi menegaskan jika ternyata desain atau rancang bangun proyek monorel tidak sesuai.

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini Joko Widodo atau Jokowi kembali aktif menjadi Gubernur DKI dan berkantor di Balaikota Jakarta. Wakilnya Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok pun langsung menemui presiden terpilih itu di ruang kerjanya. Usai bertemu sekitar 1 jam, Ahok mengaku curhat perihal nasib proyek monorel ke Jokowi.

"Monorel kita bahas. Monorel kalau desainnya nggak sesuai, kita akan stop. Kita tunggu sampai Agustus desainnya seperti apa. Pak Jokowi setuju, kalau misalnya nggak masuk akal ya setuju," ucap Ahok di Balaikota Jakarta, Rabu (23/7/2014).

Masih kata Ahok, Jokowi menegaskan jika ternyata desain atau rancang bangun proyek monorel tidak sesuai, Pemprov DKI dapat membatalkan izin PT Jakarta Monorel (JM) sekaligus menghentikan proyek yang hampir setahun mangkrak setelah peletakkan batu pertama.

"Beliau bilang kalau desainnya nggak masuk akal, ya nggak bisa," jelas Ahok.

Sebelumnya Ahok berencana,  jika menjadi Gubernur DKI nanti, dia akan memutus kerja sama dengan PT Jakarta Monorail. Ini berarti, proyek monorel otomatis dihentikan. "Monorel pasti putus," tegas mantan Bupati Belitung Timur itu, pada Kamis 10 Juli 2014.

Keputusan itu akan diambil bila PT Jakarta Monorail (JM) tidak menepati janji memaparkan rancangan konstruksi monorel yang terus mengalami perubahan. Begitu juga dengan perencanaan bisnis serta bukti bahwa PT JM memiliki modal untuk membangun moda transportasi berbasis rel itu.

Padahal, ungkap Ahok, dia telah memberikan toleransi 3 bulan kepada PT JM untuk menyelesaikan seluruh dokumen, agar proyek monorel bisa berjalan. Pemprov DKI sendiri telah beberapa kali memberikan perpanjangan waktu bagi PT JM sejak tahun 2013 lalu.

Namun, Ahok mengatakan tak memberi toleransi lagi. Dengan demikian, September adalah waktu terakhir untuk PT Jakarta Monorail menentukan nasib proyek tersebut. "September nggak bisa tunjukkan desain konstruksi dan duitnya, gua sembelih," ucap Ahok. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • monorel

Video Terkini