Sukses

Mantan Rektor Undip Eko Budihardjo Meninggal Dunia

Budayawan yang akrab dipanggil Prof Eko itu meninggal di RSUP Dr Kariadi Semarang, Jawa Tengah.

Liputan6.com, Semarang - Budayawan dan Mantan Rektor Undip Semarang Eko Budihardjo meninggal dunia Selasa 22 Juli 2014 sekitar pukul 21.30 WIB. Budayawan yang akrab dipanggil Prof Eko itu meninggal di RSUP Dr Kariadi Semarang, Jawa Tengah.

Menurut Direktur Umum dan Operasional RSUP dr Kariadi Semarang, Darwito, Prof Eko sudah dirawat sejak hari Sabtu 19 Juli 2014 lalu dan langsung masuk ke intensive care unit (ICU).

"Meninggal pukul 21.30 WIB tadi sejak dirawat hari Sabtu kemarin. Waktu masuk langsung dibawa ke ICU," kata Darwito.

Prof Eko lahir di Purbalingga 9 Juni 1944. Guru besar arsitektur dan perkotaan Fakultas Teknik Undip itu pernah menjabat sebagai Rektor Undip pada periode 1998-2006.Ia meninggal dan pada usia 74 tahun akibat penyakit jantung.

Selain dikenal sebagai budayawan, Prof Eko juga dikenal sebagai salah satu pendiri Forum Rektor. Forum cendekiawan ini sangat berpengaruh menjelang dan pasca lengsernya Pak Harto sebagai presiden hingga pasca gerakan reformasi.

Dalam setiap pidatonya, Prof Eko juga memiliki ciri khas. Yakni membacakan puisinya baik saat awal pidato maupun ketika menutup pidato.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.