Sukses

Mesir Kembali Serukan Gencatan Senjata Antara Hamas dengan Israel

Hamas menuntut Israel menghentikan seluruh blokade dan membebaskan warga palestina yang ditahan sebelum pihaknya menyetujui gencatan senjata

Liputan6.com, Gaza - Sepanjang hari Selasa 22 Juli waktu setempat, militer Israel telah menyerang lebih dari 150 target ke wilayah Gaza, Palestina. Serangan Israel juga menyasar 5 masjid, sebuah stadion dan rumah mantan ketua militer Hamas.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Selasa (22/7/2014), aksi para tentara Israel membombardir wilayah Gaza itu direkam oleh aktivis pro-Palestina.

Sementara Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menuding kelompok Hamas sengaja memanfaatkan warga sipil dalam peristiwa ini. Banyak warga sipil yang tak meninggalkan target sasaran meski telah diperingatkan pasukan Israel. Ini terjadi karena diperintahkan oleh Hamas.

Seiring terus berlangsungnya agresi militer Israel ke jalur Gaza, Sekjen PBB Ban Ki Moon dan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry menggelar pertemuan di Kairo, Mesir. Pertemuan dilakukan guna mengakhiri eskalasi konflik antara Israel dan Palestina.

PBB, Amerika Serikat dan Liga Arab mendesak kelompok Hamas untuk menerima usulan gencatan senjata yang digagas Mesir.

Sementara pihak Israel meminta gencatan senjata yang akan dilakukan harus memastikan Hamas berhenti menembakkan roket ke wilayahnya. Israel menuding, selama ini Hamas yang selalu menolak usulan gencatan senjata sedangkan pihaknya selalu setuju.

Sedangkan kelompok militan Hamas menuntut Israel harus menghentikan seluruh blokade dan membebaskan warga Palestina yang ditahan sebelum pihaknya menyetujui gencatan senjata.

Saling serang yang berlangsung selama 2 pekan ini telah menewaskan sekitar 607 orang warga Palestina. Sementara dari pihak Israel jumlah korban tewas mencapai 29 orang. 1 Tentara Israel Oron Shaul juga dilaporkan hilang usai pertempuran di Jalur Gaza. (Ali)

Baca juga:

Ancaman Roket Gaza, Delta Air Batalkan Penerbangan ke Israel

Obama Serukan Hamas-Israel Gencatan Senjata

Serangan Israel di Gaza juga Hancurkan 5 Masjid

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini