Sukses

Bom Bunuh Diri di Kabul Tewaskan 5 Pengawal Asing

Serangan itu merupakan yang paling baru mengguncang ibukota Afghanistan dalam masa buntu mengenai hasil pemilihan presiden.

Liputan6.com, Kabul - Seorang penyerang dari Taliban yang mengendarai sepeda motor meledakka diri dan menyebabkan 5 pengawal asing terbunuh di Kabul, Selasa (22/7/2014).

Serangan itu merupakan yang paling baru mengguncang ibukota Afghanistan dalam masa buntu mengenai hasil pemilihan presiden.

Penyerang tersebut menyeruduk gedung di dekat bandara Kabul, yang pekan lalu menjadi sasaran untuk dikuasai termasuk menjadi sasaran tembak dan lemparan granat.

Taliban menentang proses pemilihan yang sedang diaudit dari seluruhnya 8 juta suara karena ada pertentangan dari dua calon mengenai dugaan kecurangan.

Kedutaan Besar Amerika Serikat mengecam keras serangan pada kamp Gibson di Kabul pagi tadi yang menewaskan 5 orang pengawal keamanan nasional berkebangsaan asing. Demikian pernyataan dari AS.

"Kami menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban dan mengharapkan korban lain warga Afganistan dan asing yang terluka dalam serangan tersebut untuk segera pulih kembali."

Tidak ada keterangan lebih lanjut mengenai keadaan di kamp Gibson. Tetapi polisi Kabul mengatakan tempat tersebut dipakai bersama untuk badan anti-narkoba kementerian Dalam Negeri dan Pasukan Asing.

"Laporan pertama kami menunjukkan ada ledakan di kompleks asing," kata kepala kepolisian Kabul Zahir Zahir kepada AFP.

"Para petugas asing saat itu sedang melakukan latihan di dalam."

"Tim kami sedang melakukan penyelidikan bagaimana penyerang dengan sepeda motor itu bisa masuk ke kompleks."

Kebangsaan para korban belum diketahui dan belum ada keterangan dari pihak Pasukan Bantuan Keamanan Internasional NATO (ISAF) yang sedang bersiap mengakhiri tugas setelah 13 tahun berperang melawan Taliban. (Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Bom bunuh diri merupakan tindakan di mana seseorang secara pribadi mengirimkan bahan peledak dan meledakkannya untuk menimbulkan kerusakan.

    Bom Bunuh Diri

  • Kabul

Video Terkini