Sukses

Hilang di Gaza, Tentara Israel Diperkirakan Sudah Tewas

Sebelumnya Hamas mengumumkan telah menangkap seorang tentara Israel dalam bentrokan di Jalur Gaza.

Liputan6.com, Gaza - Seorang tentara Israel dilaporkan hilang di Jalur Gaza. Namun prajurit tersebut diperkirakan sudah meninggal. Hal itu disampaikan media setempat mengutip pernyataan militer negeri zionis.

Hal itu dinyatakan dua hari setelah Hamas mengumumkan telah menangkap seorang tentara Israel dalam bentrokan di Jalur Gaza.

Kabar dari situs Berita Israel Channel 10 yang dilansir dari Reuters, Selasa (22/7/2014) memberitakan pihak militer bahwa prajurit itu telah tewas, bersama enam tentara lain dalam serangan terhadap sebuah kendaraan lapis baja pada Minggu 20 Juli. Namun, sejauh ini tentara baru mengidentifikasi enam mayat.

Ketika itu Hamas mengumumkan, bahwa mereka telah menangkap seorang tentara Israel tetapi tidak mengatakan apakah ia hidup atau mati.

"Tentara itu ditangkap Minggu 20 Juli, dalam pertempuran sengit di perbatasan Gaza," ujar juru bicara sayap bersenjata Hamas, Abu Ubaida.

Saat itu, Abu juga menunjukkan sebuah foto kartu identitas dan nomor urut tentara. Tetapi tidak menunjukkan penampakan wajah si pemilik.

Sementara itu, menurut sebuah pernyataan militer Israel pada Selasa ini, dinyatakan tentara telah menyelesaikan identifikasi enam tentara tewas. Tapi upaya untuk mengidentifikasi tentara ketujuh sedang berlangsung dan belum diketahui."

Meski telah mengumumkan kematian tujuh prajuritnya, pihak militer tapi belum mempublikasikan identitas mereka.

Israel melancarkan serangan darat Kamis ke Jalur Gaza. Konflik ini paling mematikan dalam lima tahun antara Israel dan Palestina. Menewaskan lebih dari 550 rakyat Palestina, banyak dari mereka warga sipil. Sementara dari Israel ada 29 korban, 27 di antaranya tentara.

Sebelumnya saat Hamas mendeklarasikan telah menculik seorang prajurit Israel, perwakilan negeri zionis pun mengeluarkan bantahan. Mereka menyebut tak ada anggotanya yang diculik.

"Tidak ada tentara Israel yang diculik dan rumor itu tidak benar," ucap Dubes Israel. (Ein)

Baca Juga:

Dubes Israel: Tak Ada Prajurit yang Diculik di Gaza

Serang Gaza, Israel Gunakan Selongsong Berisi Ribuan Anak Panah

2 Tentara Israel yang Tewas di Jalur Gaza Warga AS

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.