Sukses

3 Calon Pengganti KSAD Jenderal Budiman

Salah satu di antara pengganti KSAD Jenderal Budiman yakni Pangkostrad Letjen TNI Gatot Nurmantyo.

Liputan6.com, Jakarta - Informasi pemberhentian Jenderal TNI Budiman dari jabatan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) terungkap sehari sebelum pengumuman hasil Pemilu Presiden 2014. Namun informasi pemberhentian ini dibantah Kapuspen TNI Mayjen TNI Fuad Basya.

Menurut Fuad, Jenderal Budiman karena memang akan memasuki masa pensiun pada September mendatang. Sehingga hari ini Jenderal Budiman diminta menghadap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersama Panglima TNI Jenderal Moeldoko.

"Hari ini beliau menghadap bersama Panglima TNI, dipanggil Pak SBY, diminta untuk mengajukan nama penggantinya," ujar Fuad saat dikonfirmasi Liputan6.com, Senin (21/7/2014) malam.

Fuad mengungkapkan, saat ini Jenderal Budiman telah menyiapkan 3 nama penggantinya. Ketiga calon tersebut yakni Pangkostrad Letjen TNI Gatot Nurmantyo, Wakil KSAD Letjen M Munir, dan Sekjen Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) Letjen TNI Waris.

Pada Senin ini, Jenderal Budiman masih berkantor di Mabes AD di Jalan Veteran, Jakarta. Ia memimpin acara buka puasa TNI AD bersama sejumlah kalangan, termasuk para jurnalis, pada petang harinya.

Dalam acara itu, Budiman sempat menyampaikan hal-hal terkait pengamanan pengumuman hasil pilpres oleh KPU yang berlangsung Selasa 22 Juli besok. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.