Sukses

Pemberontak Pro-Rusia Rekam Keadaan MH17 Pasca-Jatuh

"Kelompok pemberontak pro-Rusia mengatakan kepadaku mereka memfilmkan situasi di lokasi jatuhnya pesawat..."

Liputan6.com, Yerussalem - Pemberontak pro-Rusia beberapa ternyata mengabadikan momen sesaat setelah pesawat Malaysia Airlines MH17 jatuh di Ukraina timur. BBC ditunjukkan video tersebut.

"Kelompok pemberontak pro-Rusia mengatakan kepadaku mereka memfilmkan situasi di lokasi jatuhnya pesawat tidak lama setelah pesawat Boeing 777 itu jatuh,"  kata koresponden khusus BBC Fergal Keane di Grabove yang dimuat Liputan6.com, Senin (21/7/2014).

Dalam video itu, para pemberontak tampak menggeledah benda-benda milik penumpang dan mengambil sebanyak mungkin piranti memori komputer mini yang bisa ditemukan.

Ketika BBC bertanya mengenai penjarahan tersebut, mereka mengatakan "informasi sangat penting bagi kami."

Salah seorang pemberontak di video terdengar mengatakan, "Apa yang mereka lakukan di sini? Mereka orang asing," dan yang lainnya berusaha mencari kotak hitam pesawat.

Pemberontak menunjukkan video tersebut karena mereka merasa dituduh menembakkan rudal yang menjatuhkan pesawat berpenumpang 298 orang itu.

Sementara itu, pemimpin pemberontak mengatakan jenazah telah dibawa ke kota terdekat, Torez. Namun tujuan pastinya tidak diketahui.

Amerika Serikat mengutuk apa yang mereka sebut kurangnya keamanan yang tidak dapat diterima di lokasi jatuhnya pesawat Malaysia Airlines di Ukraina timur.

Departemen Luar Negeri AS mengatakan ada beberapa laporan yang menyebutkan jenazah dan puing-puing pesawat dipindahkan yang menyebabkan bukti potensial rusak. (Safira Badri)

Baca Juga:

Kata-kata Terakhir Penumpang Pesawat MH17 yang Diroket

Kenapa MH17 Terbang di Zona Perang? Ini Penjelasan PM Malaysia

Beredar Transkrip "Kami Menembak Pesawat", Terkait Tragedi MH17?

Dua Bocah Ini Belum Tahu Ibunya si Pramugari MH17 Meninggal

(Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.