Sukses

6 Tips Pulang Kampung Bagi Onliner

Pulang kampung itu membahagiakan

Citizen6, Jakarta Lebaran sebentar lagi. Beberapa karyawan sudah mulai melakukan ritual tahunan melakukan perjalanan spiritual, pulang kampong. Meski pulang kampong di hari lebaran itu lebih menguras energi dan biaya, namun semua itu tak menghalangi para pemudik untuk merayakan hari besar umat Islam sedunia itu di kampung bersama keluarga.

Momen-momen membahagiakan itu terasa begitu berbeda jika dibandingkan dengan pulang kampung ketika hari-hari biasa, bukan hari raya. Momen bertemu dengan seluruh keluarga besar, berjumpa dengan teman-teman sepermainan dan segudang cerita-cerita lama yang kini bisa dijadikan bahan candaan.

[Namun ada juga seseorang yang memilih tidak pernah pulang kampung di hari lebaran. Alasannya, selain biaya yang mahal dan ribet, dia tidak mau dibilang mirip pembantu).

Agar menikmati momen membahagiakan, sebagai onliner, ada 6 hal yang perlu diperhatikan agar liburan pulang kampung itu lebih menyenangkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Pastikan gadget anda tidak ngadat

1.   Pastikan gadget anda tidak ngadat

Agar pulang kampung lebih merasa nyaman, pastikan gadget anda tidak bermasalah. Karena selama perjalanan (sendirian), aktivitas dengan gadget akan meningkat. Anda akan terus terhubung dengan keluarga, teman, sahabat dan kerabat melalui pesan singkat, bertelepon atau melalui media sosial.

Karena itu kalau tidak yakin dengan gadget yang anda bawa ke kampung itu baik-baik saja, lebih baik membeli gadget yang terbaru saja. Toh biasanya selama Ramadan banyak diskon atau cari cicilan yang bunganya 0 persen.

3 dari 7 halaman

Pastikan gadget Anda selalu cukup baterai


2.    Pastikan gadget Anda selalu cukup baterai

Sebagai onliners yang selalu aktif selama 24 jam, baterai di gadget anda harus selalu dalam keadaan full. Ini penting karena selama perjalanan ke kampung halaman tercinta, ada banyak akvititas menggunakan gadget.

Selain untuk berbagi kabar terbaru, anda pasti akan lebih sering memotret dan mempostingnya di akun sosial media yang anda punya. Selama perjalanan sebaiknnya juga memantau kondisi lalu-lintas yang akan dilalui, andai pulang lewat jalur darat atau laut. Dengan begitu kemungkinan terjebak macet bisa berkurang.

Bila perlu, sediakan power bank

4 dari 7 halaman

Pilih operator seluler yang sinyalnya melimpah di kampung tujuan

3.    Pilih operator seluler yang sinyalnya melimpah di kampung tujuan

Ada banyak operator seluler di Indonesia, namun semuanya tidak bisa diandalkan. Ada operator seluler yang bagus di wilayah “menara manusia” (bukan nama daerah sebenarnya) sinyalnya bagus, namun di daerah lain sinyal jeblok.  

Mengutip film “Selamat Pagi Malam, ini adalah salah satu alasan kenapa orang Indonesia kebanyakan mempunyai dua handphone. Karena itu pastikan untuk memilih operator telepon yang sinyalnya bagus di wilayah tujuan pulkam kampung kita.

5 dari 7 halaman

paket data


4.    Jangan sampai kehabisan paket data

Selama melakukan perjalanan ke kampung, pasti aktivitas online lebih meningkat.  Karena itu pastikan paket data anda tidak habis di tengah jalan. Bagi banyak orang yang bisa “top up” atau membeli pulsa dengan mobile banking hal ini tidak masalah. Namun bagi yang tidak hal ini layak diantisipasi, jangan sampai ketika akan melakukan aktivitas penting yang berhubungan dengan internet, pulsa anda habis.

6 dari 7 halaman

reuni


5.    Berusahalah untuk datang ke reuni

Bertemu kembali dengan teman-teman masa bocah (atau remaja) tentu menyenangkan. Reuni selalu memunculkan rasa penasaran. Wajah-wajah yang dulu culun, mungkin sekarang bisa jadi lebih culun atau sebaliknya. Teman-teman yang dulu pintar di kelas, sekarang apakah karirnya semelesat rangkingnya dulu.

Selain untuk lebih mengakrabkan hubungan yang selama ini mungkin kurang, reuni juga bisa dipakai untuk meluaskan networking. Jangan lupa untuk mencatat atau menambahkan akun social media yang dia punya. Misalnya blog, twitter, facebook, path, ask.fm, google plus, pinterest, linked.in, pulsk atau (mungkin) grindr.

7 dari 7 halaman

Informasikan hal-hal unik kampung

6.    Informasikan hal-hal unik kampung Anda ke seluruh dunia

Setiap kampung pasti mempunyai keunikan. Baik peristiwa-peristiwa sehari-hari yang tak ada di wilayah lain, peristiwa budaya atau jenis-jenis kuliner yang ada atau tempat-tempat indah yang menginspirasi.

Catat, rekam semua itu dengan gadget anda dan informasikan ke seluruh dunia. Hal-hal yang mungkin dianggap biasa, akan terasa unik dan menarik bagi orang-orang “di luar sana” yang belum pernah datang ke kampung kita.

Ada yang mau menambahkan, silakan.


Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Saat ini Citizen6, juga mengajak blogger untuk kolaborasi. Jika punya postingan baru, kirim alamat atau url websitenya ke kami. free.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini