Sukses

PM Turki: Barbarisme Israel di Gaza Lampaui Hitler

Pemimpin Turki itu juga menilai politisi sayap kanan Israel Ayelet Shaked memiliki mental seperti Hitler.

Liputan6.com, Ankara - Perdana Menteri (PM) Turki Recep Tayyip Erdogan mengecam keras agresi militer membabi buta Israel di Gaza, Palestina. Menurut dia, serangan Israel jauh lebih kejam dari Hitler.

"Israel tak punya hati nurani. Tidak dihormati, tidak disegani. Mereka mengutuk Hitler siang dan malam, tapi mereka kejahatan mereka melampaui Hitler dalam hal barbarisme," ujar Erdogan, seperti Liputan6.com kutip dari Al-Arabiya, Senin (21/9/2014).

Pernyatannya itu terkait Operasi "Protective Israel" ke Gaza sejak Selasa 8 Juli 2014 lalu. Saat ini Israel memperluas serangan, mulai darat dan udara.

Pemimpin Turki itu juga menilai politisi sayap kanan Israel Ayelet Shaked memiliki mental seperti Hitler atas kicauan pejabat zionis yang menyebut warga Palestina pantas mati.

Sebelumnya, Erdogan telah berkali-kali menyuarakan kecamannya kepada Israel. Dia menyebut negara tempat umat Yahudi itu melakukan genosida atau pembantaian besar-besaran terhadap Palestina.

PM Turki juga menyebut Israel kerap mengesampingkan upaya perbaikan hubungan dengan Hamas dan memilih jalur kekerasan.

Pejabat kesehatan Paletina melaporkan jumlah korban jiwa di Gaza hingga saat ini mencapai 425 orang. Sebanyak 2.700 lainnya terluka. Mereka di antaranya terdiri dari 112 anak, 41 wanita, dan 25 lanjut usia.

"Seperempat dari jumlah korban tewas adalah mereka yang diserang tentara Israel dalam operasi darat," ujar pejabat tersebut.

Baca juga:

87 Warga Tewas Sehari, Presiden Palestina Tetapkan Hari Berkabung

Hamas Gunakan Keledai Bomber Bunuh Diri Hancurkan Israel?

Hamas Tumpas 11 Tentara Israel dalam 24 Jam

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini