Sukses

Protes Berita MH17, Jurnalis Cantik Rusia Angkat Kaki

"Ketika aku menyampaikan berita, mereka menayangkan saksi mata yang hanya Tuhan yang tahu, menyalahkan pemerintah Ukraina."

Liputan6.com, London - Tak sejalan dengan media tempatnya bekerja, koresponden Russia Today angkat kaki. Ia merasa apa yang disampaikan kepada masyarakat luas tak sesuai dengan fakta. 

Seperti dikutip dari Georgia News Today, Sabtu (19/7/2014), adalah Sara Firth, wartawan yang rela mengundurkan diri karena protes merasa informasi yang disampaikan ke publik tak sesuai. Ia mengaku pemberitaan terkait pesawat Malaysia Airlines MH17 yang jatuh ditembak rudal di Ukraina, benar-benar tak mengenakkan. Dan mengesampingkan fakta-fakta.

Hal itu membuat Sara gerah.

Dia bilang semua itu ada batasnya. Kondisi seperti itu di Russia Today membuatnya bekerja sebagai seorang karyawan yang frustasi selama 5 tahun .

Stasiun televisi yang didanai oleh pemerintah Rusia itu dikritik karena menyalahkan insiden nahas yang menimpa burung besi milik negeri jiran itu pada Ukraina. Sementara negeri pimpinan Vladimir Putin itu bersikeras membantah terlibat dalam insiden itu.

Meskipun banyak pemberitaan belakangan ini menyebutkan, separatis pro-Rusia bertanggung jawab atas musibah yang menimpa pesawat MH17 itu.

Sara menguraikan, kesabarannya sudah habis. Panduan untuk terus-menerus menyalahkan Ukraina membuatnya muak.

"Ini menakutkan, panduan Russia Today tentang cara menyampaikan berita, dan Anda harus percaya itu sukses di sana," kata Sara.

"Kemarin ketika cerita itu tersebar, Anda mendapatkan perlakuan tak mengenakkan. Ketika akan mendapatkan fakta-fakta, dan ini cerita besar," sambung dia.

"Dan ketika aku menyampaikan berita, mereka menayangkan saksi mata yang hanya Tuhan yang tahu, menyalahkan pemerintah Ukraina, dan itu adalah situasi yang normal," jelas Sara.

Sara pun tak mampu lagi membendung hatinya untuk menghentikan penyampaian informasi dengan cara itu.

"Aku berkata ... jika aku diminta menyembunyikan fakta, bukan mengatakan yang sebenarnya, maka aku harus pergi. Jadi aku pergi... Dengan tidak menghormati fakta-fakta, itu benar-benar menggangguku," ucap Sara.

Menanggapi pengunduran diri Sara, juru bicara Russia Today mengatakan pihaknya dan Sara memiliki definisi yang berbeda dengan 'kebenaran'.

"Kami tidak terkejut dengan keputusan Sara Firth untuk meninggalkan Russia Today setelah 5 tahun sebagai koresponden Moskow dan London. Ia memberitahu kami ia akan mengambil tawaran dari perusahaan lain," demikian pernyataan pihak Russia Today. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.