Sukses

Tinjau Situs Tsunami, Bill Clinton Puji Rekonstruksi Aceh

Clinton memuji Badan Rekonstruksi dan Rehabilitasi (BRR) Aceh yang telah mengkoordinasikan proses pembangunan kembali Aceh pasca-tsunami.

Liputan6.com, Banda Aceh - Kunjungan mantan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton ke Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar adalah untuk melihat perkembangan pembangunan Aceh pasca-gempa dahsyat 9,1 skala Richter dan tsunami pada 10 tahun lampau.

Pantauan Liputan6.com, Sabtu (19/7/2014), Clinton sampai di Banda Aceh, Provinsi Aceh pada pukul 11.30 WIB. Clinton beserta rombongan langsung meninjau Tsunami Escape Building (Gedung Evakuasi Tsunami) yang berada di Desa Lambung, Ulee Lheue, Kota Banda Aceh.

Mantan Kepala Badan Rekonstruksi dan Rehabilitasi (BRR) Aceh Kuntoro Mangkusubroto pun menyambut politisi senior Partai Demokrat AS tersebut. Clinton sempat melontarkan pujian.

"Saya rasa kalau tidak ada dia (Kuntoro) mungkin (Aceh) tidak seperti sekarang ini," kata Clinton memuji Kuntoro saat berinteraksi dengan sejumlah mahasiswa dan staf Yayasan Clinton di Gedung Evakuasi Tsunami, Banda Aceh, Sabtu 19 Juli 2014.

Clinton memuji BRR yang telah mengkoordinasikan proses pembangunan kembali Aceh pasca-tsunami. "Bencana alam ini telah membuat NGO internasional bekerja sama dengan pemerintah untuk membangun kembali Aceh," ujar Clinton.

Bill Clinton bersama sejumlah mahasiswa Amerika yang akan mempelajari dampak bencana tsunami Aceh juga dijadwalkan akan mengunjungi beberapa wilayah yang terkena dampak bencana tsunami 2004 silam.

Baca juga:

Bill Clinton Kunjungi Situs Tsunami Aceh
Menlu Marty: Kedatangan Bill Clinton Tak Difasilitasi Negara
Bill Clinton Datang Saat Pengumuman Pilpres, Ini Respons Jokowi

(Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.