Sukses

Bill Clinton Kunjungi Situs Tsunami Aceh

Bill Clinton dijadwalkan mengunjungi beberapa wilayah yang terkena dampak bencana tsunami di Aceh pada 2004 silam.

Liputan6.com, Banda Aceh - Mantan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton berkunjung ke Indonesia. Clinton menyambangi sejumlah situs tsunami di Banda Aceh dan Aceh Besar, Provinsi Aceh pada Sabtu (19/7/2014).

Pantauan Liputan6.com, Clinton sampai di Banda Aceh pada pukul 11.30 WIB. Sesampainya di Banda Aceh, Clinton langsung meninjau Tsunami Escape Building (Gedung Evakuasi Tsunami) yang berada di Desa Lambung, Ulee Lheue, Banda Aceh.

Di lokasi tersebut, Clinton disambut oleh mantan Kepala Badan Rekonstruksi dan Rehabilitasi (BRR) Aceh Kuntoro Mangkusubroto. Bill Clinton juga dijadwalkan akan mengunjungi beberapa wilayah yang terkena dampak bencana tsunami di Aceh pada 2004 silam.

Rencana kedatangan Clinton sempat simpang-siur. Beberapa hari lalu, Menteri Luar Negeri RI Marty Natalegawa bahkan mengaku belum mengetahui rencana kedatangan mantan Presiden AS itu ke Indonesia dalam waktu dekat.

"Saya sendiri tidak tahu dan belum tahu soal rencana kedatangan beliau (Bill Clinton)," ujar Marty Natalegawa di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu 16 Juli malam lalu.

Tak hanya itu, Marty juga menjelaskan pemerintah Indonesia hingga saat ini juga tidak akan memfasilitasi kedatangan mantan orang nomor 1 Negeri Adidaya itu.

"Tidak ada fasilitas dari pemerintah. Jadi saya pribadi dan Kementerian Luar Negeri tidak terlibat dalam rencana kedatangan mantan Presiden Clinton," jelas Marty.

Baca juga:

Menlu Marty: Kedatangan Bill Clinton Tak Difasilitasi Negara
Bill Clinton Datang Saat Pengumuman Pilpres, Ini Respons Jokowi
Mahasiswa se-Jabodetabek Beraksi Tolak Bill Clinton di KPU

(Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.