Sukses

Pesan Terakhir Gerda WNI Penumpang MH17 Sebelum Pesawat Dirudal

Sang anak mengaku sempat berkomunikasi dengan Gerda sebelum ia melakukan perjalanan dari Belanda menuju Kuala Lumpur.

Liputan6.com, Bogor - Warga negara Indonesia (WNI) asal Bogor yang menjadi korban kecelakaan pesawat Malaysia Airlines MH17, Gerda Leliana Lahenda (80) sempat menghubungi keluarganya sebelum kecelakaan terjadi.

Anak Gerda, Deby Lahenda mengaku sempat berkomunikasi dengan Gerda sebelum ia melakukan perjalanan dari Belanda menuju Kuala Lumpur, Malaysia menggunakan pesawat Malaysia Airlines MH17.

"Saya masih kontak-kontakkan sama Ibu (Gerda) sebelum naik pesawat. Ibu sempat kasih pesan ke saya minta dibawain koper kecil karena niatnya mau nginap dulu di Pondok Indah dan minta dijemput pulangnya jam 10 pagi," jelas Deby saat dihubungi Liputan6.com di Bogor, Jumat (18/7/2014).

Deby menjelaskan, pada menit-menit terakhir telepon, dirinya sempat mengucapkan selamat jalan kepada Gerda sebelum berangkat. Kemudian Tak lama, ia mendapat kabar bahwa pesawat yang ditumpangi ibunya itu mengalami kecelakaan.

"Saya dapat info (kecelakaan) ketika saya sedang sahur, kemudian pas mau tidur tahu-tahu dapat kabar itu dari TV," tambahnya.

Deby juga menjelaskan, keperluan ibunya pergi ke Belanda adalah untuk mengunjungi kakaknya yang tinggal di negeri kincir angin sekaligus untuk berlibur. Ia berangkat kesana bersama temannya. Dan setelah sekitar 3 bulan di Belanda, Gerda ingin kembali ke Indonesia dengan menggunakan pesawat MH17.

"Jujur saya nggak ada firasat sama sekali, semalam juga ngobrol biasa. semua baik-baik saja," ungkapnya.

Hingga saat ini, Deby masih berada di rumah adiknya di Pondok Indah, Jalan Kartika Pinang Jakarta Selatan untuk menunggu kabar terbaru. "Sekarang saya menunggu kabar saja. Saya harap jenazah ibu saya bisa diantar ke Indonesia," tandasnya.

Pesawat MH17 jatuh ditembak rudal saat melintasi udara Ukraina pada Kamis 17 Juli waktu setempat. Ada 298 orang yang berada di Boeing 777. 12 di antaranya adalah WNI. Berikut daftar nama 12 WNI korban MH17:

1. Mr Hadiono Gunawan (kursi nomor 1D)
2. Mrs Yodricunda Theistiasih (11E)
3. Mrs Ketut Wiartini (14H)
4. Mrs Yuli Hastini (16G)
5. Mrs Supartini (31K)
6. Mr Hendry (32E)
7. Ms Gerda Leliana Lahenda (14C)
8. Mtr Werther Smallenburg (12E)
9. Mrs Jane M Adi Soetjipto (14A)
10. Mrs Vickiline Kurniati Kardi (19F)
11. Mr Wayan Sujana (12D)
12. Clarice Yelena Huizen (bayi)

Baca juga:

Kata-kata Terakhir Penumpang Pesawat MH17 yang Diroket

Kenapa MH17 Terbang di Zona Perang? Ini Penjelasan PM Malaysia

Beredar Transkrip "Kami Menembak Pesawat", Terkait Tragedi MH17?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.