Sukses

Gerda WNI Korban MH17 Asal Bogor Dikenal Baik dan Supel

Di antara 12 WNI penumpang pesawat Malaysia Airlines MH17 yang jatuh tertembak di Ukraina, terselip Gerda Leliana Lahenda.

Liputan6.com, Bogor - Di antara 12 WNI penumpang pesawat Malaysia Airlines MH17 yang jatuh tertembak di Ukraina, terselip Gerda Leliana Lahenda.

Wanita 80 tahun asal Bogor, Jawa Barat, itu turut menjadi korban. Semasa hidupnya Gerda dikenal baik, penuh perhatian, dan supel, meski pada orang tak dikenal sekalipun.

Saat berada di Indonesia, Gerda tinggal bersama anaknya, Deby Lahenda, di Perumahan Kota Wisata cluster Virginia, Desa Ciangsana, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jabar.

"Saya nggak begitu kenal, tapi dia baik dan perhatian sama saya," kata pembantu rumah tangga di rumahnya, Amaludin kepada Liputan6.com di Bogor, Jabar, Jumat (18/7/2014). Amaludin mengaku mendengar kabar kecelakaan MH17 saat sahur tadi.

Amaludin mengatakan, majikannya yang juga putri Gerda, Deby pun langsung pergi ke rumah saudara lelakinya. "Ibu (Deby) tadi pagi langsung pergi ke Pondok Indah, katanya mau kumpul di sana. Belum tahu ibu pulangnya kapan,"

Selain sering tinggal di kota hujan itu, Gerda juga kerap tinggal di rumah anak lelakinya di Pondok Indah, Jalan Kartika Pinang, Jakarta Selatan.

"Ibu (Gerda) sempat rayain ulang tahun di sini yang ke-80 sebelum berangkat," ujar Amaludin.

Maskapai penerbangan Malaysia Airlines kembali mengalami musibah setelah pesawat MH17 ditembak jatuh di perbatasan Ukraina-Rusia, Kamis 17 Juli 2014 waktu setempat.

Kementerian Dalam Negeri Ukraina mengatakan, pesawat itu membawa 280 penumpang dan 15 awak. Semuanya tewas dalam insiden tersebut.

Dalam kecelakaan itu, 295 penumpang termasuk 15 awak pesawat dikabarkan meninggal. 12 Di antaranya merupakan WNI, termasuk seorang bayi. Berikut identitas 12 WNI yang menumpang pesawat nahas tersebut:

1. Hadiono Gunawan (Mr)
2. Yodricunda Theistiasih (Mrs)
3. Ketut Wiartini (Mrs)
4. Yuli Hastini (Mrs)
5. Vickiline Kurniati Kardia (Mrs)
6. Supartini (Mrs)
7. Hendry (Mr)
8. Gerda Leliana Lahenda (Ms)
9. Werther Smallenburg
10. Jane M. Adi Soetjipto (Mrs)
11. Wayan Sujana (Mr)
12. Clarice Yelena Huzein (bayi)

 (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.