Sukses

Warga Bantul Temukan Fosil Hewan Aneh

Tulang dan kepala hewan tersebut seperti kuda. Namun lehernya lebih pendek. Sementara di bagian gigi, terlihat seperti taring.

Liputan6.com, Bantul - Dwi Widagdo tak menyangka jika halaman rumahnya akan menjadi pusat keramaian. Rumahnya banyak dikunjungi orang setelah dia menemukan fosil hewan. Fosil yang diduga hidup pada zaman purba itu ditemukan di halaman.

Warga Dusun Umbul Kelurahan Tamanan Banguntapan, Bantul, Yogyakarta itu menceritakan, penemuan fosil berawal ketika dia menggali tanah untuk membuat pondasi rumah. Baru 1,5 meter menggali, cangkulnya membentur benda keras. Ketika diraba, benda itu berbentuk seperti tulang.

"Awalnya saya kira batu, lalu saya gali pelan-pelan dengan tangan, kelihatan seperti tulang," tutur Dwi saat ditemui di lokasi penemuan, Jumat (18/7/2014).

Temuan ini membuatnya semakin penasaran. Dwi lalu kembali menggali dengan area galian yang lebih luas untuk mengetahui struktur tulang. Ketika area galian semakin luas, Dwi justru merasa takut karena kembali menemukan bagian kepala binatang yang masih utuh.

"Takutnya tulang manusia. Setelah saya ikuti ternyata hewan. Panjang kepala sampai kaki sekitar 1,5 meter," ujar Dwi. Dia mengatakan, tulang dan kepala hewan tersebut seperti kuda. Namun lehernya lebih pendek. Sementara di bagian gigi, terlihat seperti taring berukuran sekitar 3 cm.

Karena aneh dengan temuan fosil itu, Dwi lantas melapor ke salah satu tetangganya yang seorang polisi. Laporan itu di lanjutkan ke Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta.

"Pagi tadi tim arkeolog sudah ke sini untuk mengecek. Tapi belum diberitahu hewan apa, hanya disuruh memagari," ucap dia. Dwi menjelaskan, halaman tempat penemuan fosil itu dulunya kebun kosong. "Bapak saya dulu pernah punya sapi, tapi kan ini seperti kuda," tandas dia. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.