Sukses

Kenapa MH17 Terbang di Zona Perang? Ini Penjelasan PM Malaysia

Ukraina saat ini tengah dilanda konflik antara militer pemerintah dengan kelompok separatis. Sejumlah serangan terus terjadi.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH17 jatuh ditembak di Ukraina. Sebanyak 295 penumpang di dalamnya dikabarkan tewas.

Ukraina saat ini tengah dilanda konflik antara militer pemerintah dengan kelompok separatis. Sejumlah serangan terus terjadi.

Oleh karena itu, sejumlah pihak mempertanyakan kenapa bisa MH17 itu melintasi Ukraina yang dinilai zona perang.

Menanggapi hal itu, Perdana Menteri Malaysia Najib Razak mengatakan bahwa jalur yang dilalui Boeing 777 itu aman menurut Organisasi Penerbangan Sipil Internasional.

"Pesawat terbang di rute yang aman berdasarkan yang ditetapkan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional," ujar Najib dalam konferensi persnya pada Jumat (18/7/2014) pagi, seperti dimuat Channel News Asia.

Dia mengatakan, pihaknya telah mengirim tim ke Kiev. Malaysia juga telah mengontak pemerintah Ukraina untuk bekerja sama.

Kecelakaan MH17 pertama kali dikabarkan oleh penasihat Kementerian Dalam Negeri Anton Gerashenko. Dia mengatakan, MH17 jatuh karena ditembak di antara kawasan Krasni Luch, Luhansk dan Shakhtarsk, dekat Donetsk.

Dalam rilisnya, pihak maskapai Malaysia Airlines mengatakan mereka kehilangan kontak dengan pesawat MH17 pada Kamis pukul 14.17 waktu setempat. Kontak terakhir terjadi di Tamak, 50 km dari perbatasan Rusia-Ukraina.

Ada 295 orang di pesawat maskapai MH17. Mereka terdiri dari 280 penumpang dan 15 kru pesawat. Data yang dilansir Reuters menunjukkan penumpang tersebut terdiri dari 27 warga Australia, 23 warga Malaysia, 11 warga Indonesia, 6 warga  Inggris, 4 warga Jerman, 3 warga Belgia, 3 warga Filipina, 1 warga Kanada.

Media Malaysia The Star menambahkan, ada 4 warga Prancis yang berada di Boeing 777 nahas tersebut. "Puluhan lainnya belum diketahui."

Kecelakaan ini terjadi beberapa bulan setelah raibnya pesawat Malaysia Airlines MH370 pada 8 Maret 2014. Hingga kini pesawat yang mengangkut 239 penumpang itu belum ditemukan. (Ein)

Baca juga:

Aneh...Tragedi Malaysia Airlines MH17 Bertepatan dengan TWA 800

Ini Video Amatir Asap Malaysia Airlines Jatuh Ditembak Rudal

Malaysia Airlines Berpenumpang 295 Orang Jatuh Ditembak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini