Sukses

Kapal Terbakar di Selat Lombok, Puluhan Penumpang Terjebak

Kondisi kapal saat ini masih terbakar. Api masih terus mengepul.

Liputan6.com, Denpasar - Kecelakaan pelayaran kembali terjadi. Kali ini menimpa Kapal Motor Gelis Rauh yang terbakar di tengah laut Selat Lombok. Kapal nahas itu terbakar saat berlayar dari Pelabuhan Padangbai, Kabupaten Karangasem, Bali menuju Pelabuhan Lembar, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Kamis 17 Juli 2014 malam pukul 20.45 Wita.

Kapolres Klungkung, AKBP Ni Wayan Sri Yudatni Wirawati mengaku belum mengetahui persis penyebab terbakarnya kapal. Saat ini pihakya tengah fokus mengevakuasi penumpang.

"Kapal dinakhodai Rimba Irawan. Sesuai manifes perjalanan penumpang, kapal tersebut mengangkut 35 orang dan 20 awak kapal," kata Sri saat dihubungi wartawan, Jumat dini hari, (18/7/2014).

Dia menjelaskan, pihaknya langsung berkoordinasi dengan otoritas pelabuhan dan Pol Air Polda Bali serta Polres Karangasem begitu mendapat laporan kapal terbakar. Namun evakuasi berjalan lambat karena kondisi yang gelap gulita.

Selain itu, pemadaman kapal juga terhambat minimnya peralatan. Ia menduga terdapat puluhan penumpang yang diduga masih terjebak di dalam kapal. Namun, penumpang selamat telah dapat dievakuasi.

"Penumpang selamat sudah bisa dievakuasi. Kami tengah mengirim kapal lebih besar untuk memperlancar evakuasi," tutur Sri.

Kondisi kapal saat ini masih terbakar. Api masih terus mengepul. Proses evakuasi penumpang masih terus dilakukan. "Kapal terbawa ombak bergerak ke arah selatan menuju sekitar perairan Nusa Penida," tutur Sri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini