Sukses

WNI Korban Pesawat Jatuh di Ukraina Akan Berlebaran di Wonosobo

Di negeri Kincir Angin itu, WNI tersebut bekerja di sebuah supermarket dan mengajar kesenian Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 295 orang dikabarkan tewas dalam kecelakaan pesawat Malaysia Airlines MH17 yang ditembak jatuh oleh rudal di Ukraina. Pesawat nahas itu terbang dari Amsterdam menuju Kuala Lumpur, Malaysia.

1 Di antara 295 penumpang tewas tersebut terdapat WNI yang bernama Lili Yuliani. Lili yang tinggal di Eindhoven, Belanda sejak 1997 itu rencananya pulang ke Indonesia melalui Kuala Lumpur, Malaysia, untuk merayakan hari raya Idul Fitri di kampung halaman.

"Adik saya sebenarnya ingin berlebaran di Wonosobo (Jawa Tengah) bersama ibu. Karena ibu kan sudah 86 usianya," kata kakak korban, Yuriah Tansil, dalam tayangan Metro TV, Jumat (18/7/2014) dini hari.

Yuriah menuturkan, Lili menetap di Belanda bersama satu anak dan suaminya. Di negeri Kincir Angin itu, ia bekerja di sebuah supermarket. "Selain itu, dia juga mengajar kesenian Indonesia di sana," imbuh Yuriah.

Kabar duka itu ia terima dari putra Lili yang ada di Belanda. Sambil menangis, keponakannya itu mengabarkan bahwa ibunya naik pesawat yang mengalami kecelakaan tersebut.

Meski begitu, kabar kecelakaan tersebut belum disampaikan kepada Ibundanya. Hal ini menimbang kondisi kesehatan sang ibu yang kurang baik.

"Ibu belum tahu, saya tidak berani (kasih tahu) karena kondisi ibu yang sekarang di Wonosobo kurang bagus. Dia bakal memikirkan itu," ucap Yuriah.

Pesawat MH17 dikabarkan jatuh ditembak di dekat Donetsk, wilayah yang dikuasai pemberontak di Ukraina, saat terbang dari Amsterdam ke Kuala Lumpur.

Namun pemberontak Ukraina membantah telah menembak pesawat. Presiden Ukraina Petro Poroshenko juga menepis militernya yang menembak Boeing 777 tersebut. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.