Sukses

Gelar Operasi Ketupat Jaya, Polda Metro Turunkan 7.726 Personel

Ribuan polisi tersebut merupakan gabungan dari Polres dan Polda serta bantuan TNI.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk menyukseskan Operasi Ketupat Jaya 2014, Polda Metro Jaya telah menyiapkan personelnya. Dipastikan ribuan personel akan berjaga selama 16 hari terhitung sejak 22 Juli hingga 6 Agustus 2014.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Rikwanto mengatakan dalam Operasi Ketupat Jaya 2014 ini pihaknya menerjunkan petugas sebanyak 7.726 personel. Ribuan polisi tersebut merupakan gabungan dari Polres dan Polda serta bantuan TNI.

"Operasi Ketupat Jaya akan dilaksanakan 22 Juli-6 agustus. Selama 16 hari. Total kekuatan 7.726 personel. Gabungan Polres dan Polda, ada bantuan dari TNI dan stake holder lainnya," ujar Rikwanto di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (14/7/2014).

Target utama penjagaan, kata Rikwanto adalah tempat keramaian dan hiburan. Selain itu, rumah-rumah yang ditinggal penghuni pada saat mudik juga menjadi target pengamanan.

"Kita banyak menjaga di keramaian, rekreasi, hiburan, termasuk rumah-rumah yang ditinggalkan. Rumah yang ditinggal penghuninya, kita sudah koordinasi dengan Pemda untuk mengaktifkan siskamling di perumahan, pertokoan," ujarnya.

Menurutnya, pengamanan keduanya banyak menyita tugas anggota Polda Metro Jaya karena berbarengan dengan pelaksanaan penghitungan suara real count di Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada tanggal 22 Juli nanti.

"Nanti kekuatan dibagi mana anggota yang Operasi Ketupat dan mana yang Mantap Praja," katanya. (Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.