Sukses

Ratusan PNS di Depok Kumpulkan Sumbangan untuk Gaza

Dalam 2 hari, aksi kemanusian bertajuk "Depok Peduli Palestina" ini telah mengumpulkan dana sebesar Rp 45 juta.

Liputan6.com, Depok - Tragedi kemanusiaan di Gaza, Palestina, terus mengundang simpati berbagai kalangan di tanah air. Salah satunya dilakukan oleh sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Depok, Jawa Barat.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Senin (14/7/2014), usai apel pagi, sejumlah PNS langsung menyebar dengan membawa kotak sumbangan. Mereka berkeliling di antara ratusan PNS lainnya untuk menggalang dana yang bertajuk "Depok Peduli Palestina".

Dari hasil tersebut terkumpul dana sebesar Rp 28 juta. Sementara 2 hari sebelumnya mereka sudah mengumpulkan sumbangan sebesar Rp 17 juta. Sehingga total dana yang dikumpulkan Depok Peduli Palestina mencapai Rp 45 juta.

Aksi dukungan terhadap warga Palestina juga dilakukan sejumlah elemen masyarakat di Tulungagung, Jawa Timur. Ratusan warga itu menggelar aksi solidaritas mengutuk serangan Israel ke jalur Gaza.

Aksi yang dinamakan "Pray for Palestina" itu di gelar di Alun-alun Tulungagung. Dalam acara ini juga digelar tabliq akbar, serta penggalangan tanda tangan dan dana kepada masyarakat yang melintasi tempat aksi.

Di Bima, Nusa Tenggara Barat, aksi serupa juga digelar jamaah Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dan sejumlah majelis taklim. Mereka menggelar aksi jalan kaki menyusuri Jalan Sukarno-Hatta sambil membagikan pernyataan sikap kepada pengguna jalan yang melintas.

Dalam aksi yang berlangsung damai ini, massa HTI menekankan pentingnya kekhalifahan agar umat Islam di dunia bisa bersatu. Mereka juga berharap tidak ada lagi negera-negara Islam yang ditindas. (Mut)

Baca juga:

Gempuran Israel ke Gaza Diprotes Ribuan Demonstran di Paris

Israel Kembali Serang Gaza, 3 Fasilitas Hamas Diratakan

Aksi Solidaritas untuk Rakyat Palestina Marak di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.