Sukses

Gempa di Kampung SBY Bikin Gedung Yogyakarta Bergoyang

Gempa terjadi pada pukul 12.05 WIB di 104 km tenggara Pacitan dengan kedalaman 10 kilometer.

Liputan6.com, Yogyakarta - Gempa berkekuatan 5,6 SR melanda Pacitan, Jawa Timur di kedalaman 10 km. Namun goncangan yang terjadi di kampung halaman Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu dirasakan juga oleh warga di luar Pacitan.

Seperti yang terjadi di Jetis, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Seorang karyawan yang bekerja di wilayah itu, Albert, mengaku merasakan guncangan di kantor tempatnya bekerja.

Gempa yang terjadi sekian detik itu cukup kuat untuk membuat bangunan bergoyang. Panik, Albert dan karyawan lainnya sempat panik dan berusaha untuk keluar dari gedung.

"Ya goyang-goyang gedungnya. Tapi kita sempat mau keluar tapi nggak jadi. Pas mau keluar sudah berhenti gempanya," ujar Albert kepada Liputan6.com di Jetis, Yogyakarta, Senin (14/07/2014).

Hal senada juga dirasakan warga Balecatur Sleman, Arini. Saat gempa terjadi dia tengah menonton televisi. Lalu selama beberapa detik guncangan kuat dirasakannya. Bangunan rumah dan TV-nya ikut bergoyang.

"Goyang-goyang aja sih nggak apa-apa. Pas lagi nonton TV terus terasa gempa, rumah terus goyang-goyang gitu," ujar Arini.

Gempa terjadi pada pukul 12.05 WIB di 104 km tenggara Pacitan dengan kedalaman 10 kilometer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Daerah Istimewa Yogyakarta adalah daerah istimewa di Indonesia yang memiliki tingkatan yang sama dengan provinsi.
    Daerah Istimewa Yogyakarta adalah daerah istimewa di Indonesia yang memiliki tingkatan yang sama dengan provinsi.

    Yogyakarta

  • Pacitan

  • Gempa Pacitan

Video Terkini