Sukses

Presiden SBY Lantik Dino Patti Djalal Sebagai Wakil Menlu

Dino menggantikan Wardana yang akan mengemban tugas baru sebagai duta besar.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dijadwalkan melantik mantan Dubes Amerika Serikat (AS), Dino Patti Djalal, menjadi Wakil Menteri Luar Negeri. Dino menggantikan Wardana yang akan mengemban tugas baru sebagai duta besar.

Dari jadwal yang peroleh Liputan6.com, pelantikan itu digelar di Istana Negara, Jakarta, pukul 15.00 WIB, Senin (14/7/2014).

Dino memulai kariernya di Departemen Luar Negeri tahun 1987. Pria kelahiran Beograd, Yugoslavia pada 10 September 1965 itu telah menjalani berbagai penugasan, mulai dari Jubir Satgas P3TT (Pelaksana Penentuan Pendapat di Timor Timur), Kepala Departemen Politik KBRI Washington, dan Direktur Amerika Utara dan Tengah Departemen Luar Negeri.

Pria bergelar doktor hubungan internasional dari London School of Economics and Political Science ini juga pernah menjadi Juru Bicara Presiden bersama Andi Mallarangeng pada periode 2004-2009. Setahun kemudian, dia diangkat sebagai Duta Besar Indonesia untuk AS tanggal 10 Agustus 2010.

Usai menjabat sebagai Duta Besar RI untuk AS, Dino mencoba peruntungan menjadi bakal calon presiden 2014. Ia menjadi salah satu peserta Konvensi Capres yang di gelar Partai Demokrat. Namun, langkahnya menuju kursi RI 1 harus kandas setelah partai yang dipimpin SBY itu kalah dalam Pemilu Legislatif 2014.

Selain melantik Dino, SBY juga dijadwalkan menghadiri peresmian Rumah Sakit Otak Nasional di Jalan MT Haryono, Jakarta Timur sekitar pukul 10.00 WIB. Rangkaian kegiatan presiden diakhiri dengan memenuhi undangan buka puasa bersama di Kediaman Ketua DPD RI, Irman Gusman di Kuningan, Jakarta Selatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.