Sukses

Paskil Ramadhan,Tradisi Di Saat Liburan Sekolah

Dalam bulan suci Ramadhan tahun ini (2014) Pondok Pesantren Al Hikmatul Mubarokah menggelar Pesantren Kilat

Citizen6, Garut Setiap memasuki bulan suci Ramdhan efektivitas KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) biasanya agak menurun. Selain suasana berpuasa, pada bulan suci Ramdhan tahun ini bertepatan dengan masa berakhirnya belajar di tiap sekolah dan otomatis memasuki masa liburan panjang. Untuk mengisi liburan sekolah dan Ramadhan inilah beberapa lembaga pendidikan biasa menggelar Pesantren Ramadhan atau biasa disebut Pesantren Kilat (Paskil).

Seperti halnya dibeberapa Pesantren lainnya, Pondok Pesantren Al-Hikmatul Mubarokah yang berlokasi di Kampung Rawa Kulon, Kelurahan Karangmulya, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut Jawa Barat ini juga menggelar Pesantren Kilat dengan peserta didiknya anak-anak usia sekolah, mulai dari tingkat TK hingga SMA.

"Alhamdulillah, setiap tahun dalam bulan Ramadhan ini kita selalu memberikan kesempatan kepada anak-anak usia sekolah, untuk bisa mengikuti pesantren kilat dengan metode pesantren salaf," tutur Ajengan Agus Khoerussoimin, yang merupakan sesepuh dari Pondok Pesantren Al Hikmatul Mubarokah ini, beberapa hari yang lalu.

Dalam bulan suci Ramadhan tahun ini (2014) Pondok Pesantren Al Hikmatul Mubarokah menggelar Pesantren Kilat dengan suasana yang agak berbeda. Pasalnya, dalam Pesantren Ramdhan tahun ini, pihak pesantren menerima peserta didik dari kalangan mahasiswa yang juga tengah menjalani liburan semester. "Ya, dalam Pesantren Kilat tahun ini, kami juga kedatangan beberapa orang peserta dari mahasiswa," ucapnya.

Selain menggunakan sistem pengajian salaf khas pesantren dengan kitab kuningnya, di Pesantren Al Hikmatul Mubarokah juga para peserta PesKil (Pesantren Kilat) diberikan ilmu dakwah atau tekhnik berceramah yang baik dari para Ustadz dan Ustadzah yang telah berpengalaman. Waktu penyelenggaraan Peskil ini biasa digelar dalam rentang waktu dua minggu sebelum dan selama bulan Ramadhan dengan waktu proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) yang telah ditentukan pengelola pesantren.

"Seperti biasa, kami menggelar peskil ini, selam dua minggu, dengan jam belajarnya pagi, siang dan malam. Sementara untuk peserta dari luar kota kita sediakan asrama atau pondokan," ungkap Aghni Syifa Zuyin salah seorang panitia Paskil yang juga putri sulung dari sesepuh Pondok Pesantren Al Hikmatul Mubarokah.

Aghni yang dipercayakan ayahnya untuk mengurus agenda Peskil tahun ini (2014)  merasa bersyukur dalam bulan Ramdhan tahun ini ternyata banyak peserta paskil dari kalangan mahasiswa/i. Aghni yang juga mahasiswi UPI Bandung ini malahan mengajak teman-temannya dari kampus untuk mengikuti pesantren kilat di kampung halamannya.

"Alhamdulillah, ada beberapa temen mahasiwi yang kepengen mesantren disini. Mungkin sekalian liburan di daerah perkampungan. Di Pesantren kami juga selain belajar mengaji kitab dan tafsir , dalam setiap penyelenggaraan Peskil kita juga biasa mengisinya dengan tadabur alam, atau wisata religi di alam terbuka, seperti dibeberapa wilayah di Garut ini" tukasnya.***

Sementara itu, Ustadz Dadan Ohet, salah seorang staf pengajar di Pesantren Al- Hikmatul Mubarokah mengaku senang dalam Paskil Tahun ini di Pesantren menjadi semarak dengan berbagai kegiatan. Selain menimba ilmu agama, dikatakannya dalam Paskil tahun ini, para santri kerap nonton bareng World Cup di asarama. "Alhamdulillah, tahun ini semakin semarak saja Paskil di sini. Tahun ini kan Ramadhan bertepatan dengan momen World Cup, jadi setelah mengaji dan usai bertadarus kita bisa nonton bareng sambil nunggu makan sahur. Memang tahun ini anak-anak sedikit agak heboh dengan momen piala dunia," Tutur Ustadz Dadan yang mengaku fans berat timnas Kamerun ini.

Pengirim:

Abu Nasmah

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.  

Mulai 1 Juli sampai dengan 13 Juli Citizen6 mengadakan program menulis bertopik ke-15: Tempat Asyik Buat Ngabuburit berhadiah router dan merchandise cantik. Info detail di sini.
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.