Sukses

160 Titik Serangan Israel ke Gaza yang Tewaskan 28 Orang

Menteri Palestina menjelaskan, ada 50 rumah yang hancur total dan 1.700 rumah yang rusak sebagian.

Liputan6.com, Gaza - Israel melancarkan serangan besar-besaran ke sejumlah titik di Perbatasan Gaza. Akibatnya sebanyak 28 warga Palestina tewas.

Petinggi militer Israel Defense Forces (IDF), Jenderal Moti Almoz mengatakan, ada 160 titik yang diserang oleh pihaknya dalam gempuran ke Gaza pada Selasa 8 Juli 2014.

"Sepanjang malam, IDF menyerang 160 titik di Perbatasan Gaza. Dalam dua hari terakhir, kami telah menyerang 430 lokasi," ujar Jenderal Moti kepada radio militer Israel, seperti dimuat Al-Arabiya, Rabu (9/7/2014).

Dia mengklaim, ratusan lokasi yang diserang itu terdiri dari 120 tempat peluncur roket milik Hamas, markas komando pasukan Hamas, dua rumah, dan sejumlah terowongan di Gaza.

"Roket juga diluncurkan Hamas dari Gaza, tapi semuanya kami hadang menggunakan iron dome (perangkat penghadang roket)," ujar Moti. "Kemarin malam Hamas juga melancarkan serangan ke sejumlah kota, seperti Yerusalem, Tel Aviv, dan Hadera."

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Palestina Mufeel al-Hasayneh menjelaskan, ada 50 rumah yang hancur total dan 1.700 rumah yang rusak sebagian.

Badan Medis Palestina melaporkan ada 28 orang yang tewas di Gaza usai dibombardir Israel, termasuk 6 di antaranya yang meninggal dalam serangan di apartemen Gaza Selatan.

"Lebih dari 150 orang terluka pada hari paling mengerinkan di Perbatasan Gaza sejak 2012," demikian laporan badan Palestina.

Atas hal ini, Presiden Palestina Mahmoud Abbas mendesak Israel untuk menghentikan serangan. Dia juga menyerukan pihak internasional untuk turun tangan dan meminta Israel menyetop gempuran yang ia sebut sangat berbahaya tersebut.

"Saya meminta Israel segera menghentikan eskalasi dan penggempuran di Gaza," ujar Abbas kepada Kantor Berita Palestina WAFA yang dimuat Abna, Rabu (9/7/2014). "Hal ini diperlukan untuk mencegah kerusakan yang lebih parah dan ketidakstabilan kawasan." (Ein)

Baca juga:

Sebelum Bombardir, Israel Peringatkan Warga Gaza Lewat Telepon

Ketegangan di Gaza Meningkat, Israel Siap Panggil 40 Ribu Tentara

Israel Kembali Bombardir Gaza, 20 Orang Tewas dan Belasan Terluka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.