Sukses

Tersangka Pembakar Lahan di Riau Bertambah

Jumlah tersangka kejahatan kehutanan dan pembakaran lahan di Riau kini menjadi 67 orang.

Liputan6.com, Jakarta - Kepolisian Daerah Riau menetapkan 2 lagi tersangka kejahatan kehutanan dan pembakaran lahan, yang menambah jumlah tersangka dalam kasus itu menjadi total 67 orang.

"2 Tersangka lagi dari Kabupaten Rokan Hilir sehingga total perkara yang ditangani Polres Rokan Hilir hingga saat ini sudah 21 kasus," kata Kepala Bidang Humas Polda Riau Ajun Komisaris Besar Guntur Aryo Tejo di Pekanbaru, Senin 7 Juli 2014 malam.

Menurut data Satuan Tugas (Satgas) Penegakan Hukum Polda Riau, 21 perkara yang ditangani Polres Rokan Hilir itu terdiri dari 15 kasus dugaan perambahan dan pembalakan liar dan 6 kasus dugaan pembakaran hutan dan lahan dengan total tersangka sebanyak 27 orang.

Sementara Polres Bengkalis sejak 5 April hingga 7 Juli 2014 menangani 7 perkara dengan 9 tersangka dan 7 kasus lagi ditangani oleh Polres Kota Dumai dengan 21 orang tersangka.

Kemudian Polres Pelalawan melanjutkan 3 kasus kejahatan kehutanan dengan 4 tersangka ke kejaksaan setempat dan satu di antaranya telah dinyatakan lengkap (P21).

Polres Siak dan Kepulauan Meranti serta Polres Rokan Hulu masing-masing menangani 2 kasus dan 2 tersangka, sementara Polres Kampar sejak beberapa bulan hanya ada 1 perkara dan belum ada penetapan tersangka.

"Secara keseluruhan, jumlah perkara yang ditangani ada sebanyak 45 kasus, 28 di antaranya merupakan kejahatan kehutanan berupa perambahan dan pembalakan liar, sementara sisanya atau sebanyak 17 laporan merupakan dugaan pembakaran hutan dan lahan," kata Guntur.

Ia menjelaskan, sebanyak 29 kasus masih dalam tahap penyidikan, 8 lainnya di tahap 1, dan 7 kasus telah dinyatakan lengkap dan segera disidangkan.

Sementara 1 kasus yang ditangani Polres Kampar menurut Guntur sejauh ini memang masih dalam tahap penyelidikan. (Ant/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini