Sukses

Percaya Tuhan, Wanita AS Capai Usia 116 Tahun

Otomatis, Weaver menjadi tertua kedua di dunia setelah Misao Okawa dari Jepang. Dan orang tertua ke-11 yang pernah ada.

Liputan6.com, Arkansas - Berumur panjang dan sehat, adalah impian semua orang. Sebab sulit untuk mendapatkannya. Salah satu yang beruntung bisa merasakannya adalah wanita asal Arkansas selatan Gertrude Weaver, usianya mencapai 116 tahun.

Dengan usia tersebut, Weaver dinobatkan sebagai orang tertua di Amerika Serikat yang masih hidup. Tak hanya itu, Kelompok Riset Gerontologi menyampaikan, ia juga menyabet gelar orang tertua kedua di dunia. Menakjubkan.

Weaver menginjak usia 116 tahun pada Jumat 4 Juli kemarin, ia menghabiskan pesta pertambahan umur di rumahnya di Silver Oaks Health and Rehabilitation di Camden. Sekitar 100 km sebelah barat daya dari Little Rock.

Pada perayaan tahun ini, Weaver dihadiahi penghargaan baru dari Gerontology Research Group -- yang menganalisis catatan sensus Amerika Serikat untuk menentukan Weaver sebagai orang tertua yang hidup di Amerika. Ia pun memecahkan rekor Jeralean Talley yang lahir pada 1899, dan masih berusia 115 tahun.

Menurut Kelompok penelitian yang berkonsultasi dengan Guinness Book of World Records, mereka menemukan bahwa berdasar sensus tahun 1900, Weaver berusia 2 tahun. "Atau dengan kata lain lahir pada 1898," ujar administrator database kelompok riset dan konsultan senior untuk Guinness, Robert Young seperti diberitakan Hufington Post yang dimuat Liputan6.com Selasa (8/7/2014).

Otomatis, Weaver menjadi tertua kedua di dunia setelah Misao Okawa yang berusia 116 tahun dari Jepang. Dan orang tertua ke-11 yang pernah ada.

"Biasanya, 116 tahun cukup untuk menjadi orang tertua di dunia," kata Young. "Ada semacam kompetisi yang berat saat ini."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rahasia Panjang Umur

Weaver lahir di barat daya Arkansas dekat perbatasan Texas, dan menikah pada tahun 1915. Dia dan suaminya dikarunia empat anak. Ketiga anaknya telah meninggal. Sementara satu yang berusia 93 tahun masih hidup.

Berpatokan pada catatan sensus itu, juga surat nikah Weaver pada tahun 1915,  Kelompok Riset Gerontologi menemukan Weaver berusia 17 tahun saat mengucap janji sehidup semati.

Kendati demikian, tidak ada catatan kelahiran jelas untuk Weaver. Tapi ia merayakan ulang tahunnya setiap 4 Juli.

Pada pesta ulang tahun ke-115 tahun lalu, Weaver melambaikan tangan dan makan semuanya," kata Direktur Pemasaran dan  Penerimaan di Silver Oaks, Vicki Vaughan.

"Kebanyakan orang ingin tahu, apakah Weaver masih bisa bicara," Kata Vaughan.

"Kesehatannya mulai menurun sedikit tahun ini, tapi dia masih bisa berdiri dan keluar dari ruangan mengambil semua makanannya. Ia bisa mengikuti kegiatan dan tertawa, tersenyum serta bertepuk tangan," jelas Vaughan.

Weaver pertama kali tinggal di panti jompo Camden pada usia 104, setelah ia menderita patah pinggul. Tapi Weaver pulih setelah direhabilitasi, dan pulang ke rumah dengan dan tinggal dengan cucunya, sebelum kembali ke panti jompo pada usia 109.

Apa kira-kira rahasia panjang umur Weaver?

"Percaya pada Tuhan, kerja keras dan mencintai semua orang. Anda harus mengikuti Tuhan. Jangan mengikuti orang lain," ucap Weaver.

"Jadilah orang yang patuh dan taat hukum, dan tidak khawatir tentang apa pun. Aku mengikutinya selama bertahun-tahun dan aku tidak pernah merasa lelah," tutur Weaver perlahan. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini