Sukses

Jam Tangan Khalifah ISIS Jadi Sorotan, Omega atau Rolex?

Abu Bakr al-Baghdadi untuk kali pertamanya menampakkan diri. Namun, pemerintah Irak meragukan keaslian sosoknya.

Liputan6.com, Mosul - Namanya aslinya Ibrahim Awwad Ibrahim Ali al-Badri al-Samarrai. Namun, ia lebih dikenal dengan nama gerilyanya, Abu Bakr al-Baghdadi, Kelompoknya,  Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) mengangkatnya sebagai khalifah, yang diklaim sebagai pemimpin semua umat Islam di seluruh dunia.

Pada Jumat 4 Juli 2014, untuk kali pertamanya kalinya menampakkan diri, bicara secara terbuka di Masjid Agung Mosul. Ia berseru kepada seluruh umat Islam di dunia untuk mematuhinya sebagai 'pemimpin'.

Tak hanya isi seruannya, sepanjang 20 menit, yang disampaikan di tengah konflik berdarah, yang jadi fokus perhatian. Ada yang menonjol dari penampilan 'Khalifah Ibrahim' yang serba hitam -- baik serban maupun jubah. Ia memakai jam tangan bersepuh krom (chrome) yang bentuknya mirip-mirip arloji mewah.



Aksesoris pilihannya itu menimbulkan banyak spekulasi. Ada yang meyakini, itu jam tangan Rolex yang harganya selangit, ada yang mengira Omega seamaster yang dibanderol paling tidak mencapai 3.500 poundsterling atau Rp 71 juta, atau Sekonda yang lebih 'murah'.

Simbol kemewahan itu dianggap tak sesuai dengan apa yang ia sampaikan. Menurutnya, di bawah arahan Negara Islam (nama pengganti ISIS), dunia muslim akan kembali pada 'martabat, kekuatan, hak, dan kepemimpinannya'.

"Aku adalah wali yang akan memimpin Anda, meski aku bukan yang terbaik di antara kalian. Jika Anda melihatku benar, dukunglah aku," kata Abu Bakr al-Baghdadi, seperti Liputan6.com kutip dari Telegraph, Senin (7/7/2014).

"Jika Anda merasa saya salah, nasihati saya, dan kembalikan aku ke jalan yang benar."

Baghdadi  juga memuji 'kemenangan' kelompoknya di Irak, yang diklaim berhasil mengembalikan kekhalifahan setelah berabad-abad.

Dalam pidato itu, ia juga meminta para dokter, hakim, insinyur dan ahli dalam hukum Islam untuk membantu mengembangkan kekhalifahan.

Organisasinya, ISIS kini telah berkembang menjadi organisasi teroris yang paling ditakuti di dunia.

Video rekaman penampilan Baghdadi telah diposting di YouTube dan memicu komentar di media sosial.

"Kalifah kita, semoga ia diberkati, mungkin menggunakan jam tangan Swiss. Merek apa dan dari mana uang untuk membelinya berasal?," tanya pengguna Twitter, Malasqalani M.



"Ada yang tahu jam tangan apa yang dipakai Kalifah Negara Islam?," pengguna Twitter, AatifMir2 juga mempertanyakannya.

Sementara itu, pemerintah Irak membantah bahwa pria dalam video adalah Baghdadi. Mereka kukuh dengan klaim bahwa sosok yang asli terluka dalam operasi militer.

"Kami telah menganalisis video tersebut...dan menemukan bahwa itu tak lebih dari sekesar lelucon," kata Brigadir Jendera Saad Maan, juru bicara Kementerian Dalam Negeri kepada Reuters. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.