Sukses

Luapan Kali Angke Rendam 4 Wilayah di Tangerang

Sejumlah warga korban banjir masih ada yang bertahan di lokasi banjir dan sebagian lagi mengungsi ke tempat yang aman.

Liputan6.com, Tangerang - 4 Wilayah di Kota Tangerang, Banten, terendam banjir akibat luapan kali Angke. Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Tangerang Nana Trisyana mengatakan, keempat wilayah tersebut yakni Perumahan Ciledug Indah 1 dan 2, Perumahan Pinang Griya, Perumahan Pondok Bahar, dan di Candulan yang masuk Kelurahan Petir.

Adapun ketinggian air di 4 wilayah tersebut bervariasi, yakni antara 10 centimeter hingga lebih dari 50 centimeter.

"Saat ini, arus sudah mulai surut namun proses evakuasi dan kesiapan di lokasi tetap waspada, khawatir adanya luapan kembali," katanya di Tangerang, Minggu (6/7/2014).

Banjir yang melanda beberapa wilayah tersebut terjadi sejak Sabtu dini hari dan meningkat pada hari ini.

Wakil Walikota Tangerang Sachrudin mengatakan, pihak Pemkot Tangerang akan berkoordinasi terkait dengan pelaksanaan Pilpres 2014 di wilayah yang terkena dampak genangan.

"Mudah-mudahan pada pelaksanaan pilpres nanti airnya sudah surut dan warga bisa memberikan hak suaranya sesuai pilihan," pungkasnya.

Sementara itu, sejumlah warga korban banjir masih ada yang bertahan di lokasi banjir dan sebagian lagi mengungsi ke tempat yang aman.

Sebelumnya, ratusan kepala keluarga (KK) yang bermukim di Perumahan Ciledug Indah 1 dan 2, Kota Tangerang, dilaporkan terendam banjir hingga 1 meter lebih. Hujan deras sejak Sabtu kemarin mengakibatkan Kali Angke yang melintas di perumahan tersebut meningkat debit airnya.

Air mulai meninggi dan masuk ke rumah warga sejak pukul 24.00 WIB. Menurut salah seorang warga RT 10/06 Perumahan Ciledug Indah, Bahtaruddin (50), banjir semakin meningkat saat sahur tiba.

"Jam 12 malam air sudah mulai masuk, tapi belum tinggi. Ya sekitar 80 cm lah. Pas mau sahur ternyata air sudah merendam rumah saya hampir 1,5 meter," ujarnya kepada Liputan6.com.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Tangerang, ada sekitar 575 KK yang rumahnya terendam banjir di kawasan perumahan Ciledug Indah 1 dengan ketinggian bervariasi.

"Mulai dari 80 cm hingga 2 meter, tergantung kontur tanah rumah mereka," ujar Ketua Tagana Kota Tangerang, Ikhsan. (Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.