Sukses

Komandan Pemberontak Pidato Berapi-api, Eh Bukunya Hello Kitty

Orasi keras pemimpin pemberontak itu dilakukan sepekan setelah anggotanya diserang pasukan ISIS dan disalib secara kejam.

Liputan6.com, Damaskus - Muka sangar dan suara garang dengan pidato berapi-api, tapi tak terduga buku yang ada di mejanya bergambar kartun Jepang Hello Kitty.

Pemimpin pemberontak anti-kelompok ISIS (Negara Islam Irak dan Suriah) menjadi sorotan karena buku catatan kartun yang identik dengan wanita dan anak-anak itu di sejumlah media asing.

Seperti dikutip Liputan6.com dari Dailymail, Minggu (6/7/2014), dalam sebuah video yang tersebar di YouTube, komandan pemberontak Zahran Alloush menyuarakan keras gerakan kelompok ISIS yang ia nilai telah menghancurkan aksi jihad di Suriah.

Menurut pria berjenggot tersebut, serangan ISIS dan Suriah telah mengganggu kegiatan pemberontak Suriah dalam menumbangkan pemerintahan Presiden Suriah Bashar al-Assad.

"Kelompok tersebut, anggotanya al-Baghdadi (pemimpin ISIS) mencoba menghancurkan upaya jihad di Afghanistan, Bosnia, dan Irak. Mereka datang untuk melakukan hal serua di Suriah," tegas Zahran di hadapan 100 anak buahnya dalam sebuah kamp di pinggiran Damaskus, Suriah.

Dengan suaranya yang lantang, dia memperingatkan anak buahnya atas ancaman ISIS. Kata dia, kelompok yang berambisi membangun negara dengan menguasai sejumlah kota dunia itu sangat kejam.

"Mereka sangat kotor. Ideologinya jahat," terang Zahran.

Orasi keras pemimpin pemberontak itu dilakukan sepekan setelah anggotanya diserang pasukan ISIS dan disalib secara kejam.

Menurut Organisasi Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, 8 anggota kelompok oposisi Suriah dieksekusi di Deir Hafer di bagian timur Provinsi Aleppo pada 28 Juni 2014 lalu.

ISIS saat ini disebut-sebut sebagai organisasi militan paling berbahaya di dunia. Beberapa kota di Irak berhasil dikuasai, hingga Amerika Serikat mengerahkan kapal tempurnya ke Timur Tengah.

ISIS bahkan berencana menguasai kota lain, termasuk Jakarta dan Roma, Italia. Kelompok itu juga dikabarkan berencana menghancurkan Kabah, simbol suci umat Islam. Kecaman keras lantas datang kepada ISIS. [Baca juga: Pemimpin Militan ISIS Minta Umat Islam Tunduk Padanya] (Ado)

Lihat orasi berapi-api sang komandan di bawah ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini