Sukses

Pembunuhan Remaja Picu Ketegangan Palestina-Israel

Ratusan warga Palestina kecam pembunuhan Khdeir oleh Israel setelah otoritas setempat pastikan korban dimutilasi dan dibakar hidup-hidup.

Liputan6.com, Israel - Ribuan orang turun ke jalan di Kota Shuafat, Israel, untuk mengantarkan jenazah remaja Palestina yang diduga dibunuh oleh kelompok ekstrem Israel setelah jasadnya ditemukan terbakar di sebuah hutan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Minggu (7/7/2014), peristiwa ini pun kembali memicu ketegangan antara Palestina dan Israel. Jenazah remaja bernama Mohammed Abu Khdeir dibawa dari masjid menuju pemakaman.

Insiden tersebut memicu kerusuhan antara warga Palestina dengan polisi Israel, Sabtu 6 Juli, waktu setempat.

Ratusan warga Palestina mengecam pembunuhan Abu Khdeir setelah otoritas setempat memastikan Khdeir dibunuh dengan cara dimutilasi dan dibakar hidup-hidup. Polisi menembakan gas air mata untuk memukul mundur para demonstran.

Di hari yang sama kekejaman polisi Israel tertangkap kamera video amatir dan disiarkan di televisi lokal Palestina. Seorang remaja lainnya yang merupakan sepupu dari Abu Khdeir dipukul bertubi-tubi oleh beberapa personil polisi Israel.

Video tersebut dibantah keras oleh otoritas Israel yang menuding video telah diedit dan tidak akurat. Namun keluarga korban memastikan setelah dianiaya korban yang merukapan warga Amerika Serikat-Palestina, ditangkap dan dibawa ke sebuah rumah sakit setempat.

Selama di rumah sakit, korban mendapat penjagaan ketat kepolisian Israel yang tidak memperbolehkan keluarga melihat kondisi korban.

Ketegangan antara Palestina dan Israel baru-baru ini kembali meruyak, dipicu insiden penculikan 3 remaja Israel beberapa pekan yang lalu. Abu Khdeir diduga menjadi salah satu korban dari aksi kekerasan yang dilancarkan Israel dalam pencarian 3 warga mereka. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.