Sukses

Pemimpin Militan ISIS Minta Umat Islam Tunduk Padanya

Penampilan perdana al-Baghdadi ke muka publik itu terjadi setelah beberapa hari kemarin ia dikabarkan tewas dalam serangan udara.

Liputan6.com, Baghdad - Pemimpin kelompok militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) akhirnya muncul ke publik. Kemunculan mereka yang pertama kali ini dilakukan melalui tayangan video.

Seperti dimuat BBC, Minggu (6/7/2014), mengenakan jubah hitam, Abu Bakr al-Baghdadi, yang disebut telah ditunjuk sebagai khalifah oleh kelompok jihad, menyerukan umat Islam untuk tunduk kepadanya.

"Menunjuk seorang pemimpin merupakan kewajiban bagi umat Islam, dan hal ini malah diabaikan dalam beberapa dekade terakhir," ujar al-Baghdadi.

BBC menulis, dalam video al-Baghdadi terlihat berada di dalam sebuah masjid di Mosul, kota di utara Irak yang telah dikuasai ISIS. Menurut pengamat, ini merupakan yang kali pertama ia muncul ke publik sejak ISIS berulah.

Penampilan perdana al-Baghdadi ke muka publik berlangsung setelah beberapa hari kemarin, ia dikabarkan tewas dalam serangan udara di Irak.

Pada rekaman video itu al-Baghdadi menegaskan, dia sebenarnya tak berniat menjadi khalifah atau pemimpin jika hanya menjadi beban. Karenanya, ia terbuka atas kritik yang datang kepadanya.

"Saya pemimpin Anda sekarang. Meski saya bukan terbaik di antara kalian, tapi jika saya benar maka dukung saya. Jika saya salah, silakan nasihati saya," ujar al-Baghdadi yang bertekad mendirikan negara Islam.

ISIS belakangan menjadi sorotan karena sejumlah serangan yang mereka lancarkan di Irak, telah membuat militer dan warga Irak kabur.

Kelompok militan yang dinilai membawa ajaran tak benar itu kini menargetkan untuk menguasai wilayah lain, selain Irak. Bahkan sampai Roma dan Jakarta. (Sun)

Baca juga:

Agenda Global ISIS: dari Jakarta hingga Andalusia

Kelompok Lebanon Nyatakan Diri Bagian ISIS

Bantu Perangi ISIS, Iran Pasok Jet Tempur ke Irak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.