Sukses

Pasar Sore UGM, Ngabuburit Suasana Kampus

Pasar sore merupakan pasar musiman yang buka hanya pada saat bulan Ramadan dan terletak di sepanjang kawasan Lembah UGM, Yogyakarta.

Citizen6, Yogyakarta Ngabuburit menjadi kegiatan yang menarik untuk dilakukan pada saat bulan Ramadan tiba. Ngabuburit dapat dilakukan dengan berbagai kegiatan, seperti jalan-jalan sore, berburu takjil atau makanan kecil untuk berbuka puasa, berkumpul bersama keluarga, dan lain sebagainya.

Di Yogyakarta, ada satu tempat yang wajib dicoba untuk ngabuburit bersama teman maupun keluarga. Ya, Pasar Sore UGM. Tempat ini merupakan pasar musiman yang buka hanya pada saat bulan Ramadan dan terletak di sepanjang kawasan Lembah UGM, Bulaksumur, Sleman, Yogyakarta. Masyarakat setempat menyebutnya sebagai Pasar Sore UGM dikarenakan pasar ini baru ada ketika sore hari menjelang waktu berbuka puasa dan terletak di area kampus Universitas Gadjah Mada.

Lokasi yang berada di area kampus membuat Pasar Sore UGM ramai dikunjungi oleh para mahasiswa dan warga yang bertempat tinggal tak jauh dari pasar itu. Namun, bukan hanya mereka yang menjadikan tempat ini sebagai destinasi ngabuburit, ternyata banyak juga wisatawan lokal maupun asing yang tengah berkunjung ke DIY menyempatkan diri untuk sekadar mencicipi aneka macam jajanan takjil yang dijual oleh ratusan pedagang yang menjajakan dagangannya di sepanjang jalan Notonagoro itu.

Di sana kita dapat menemukan aneka minuman dan panganan kecil seperti es buah, es tebu, sup durian, lupis, cenil, cireng, sosis bakar, jajan pasar dan banyak lagi yang lainnya. Pedagang pun berasal dari banyak kalangan, tidak hanya mereka yang asli berprofesi sebagai pedagang makanan. Ternyata banyak juga mahasiswa yang memanfaatkan momentum ini sebagai suatu peluang usaha. Mereka dengan segera menanggalkan almamater dan ambil bagian untuk turut menjajakan dagangannya di Pasar Sore UGM ini.

Kawasan lembah UGM menjadi sasaran utama bagi para pemburu takjil, jadi tidak heran jika mendekati jam berbuka puasa kawasan ini sudah penuh sesak dengan kendaraan bermotor dan pejalan kaki yang tumpah ruah memadati jalan. Untuk menghindari kemacetan yang parah, disarankan jika Anda akan datang dan menikmati ngabuburit di Pasar Sore ini, datanglah sebelum pukul 17.00 WIB. Sementara pasar mulai penuh dengan pedagang ketika menjelang pukul 16.00 WIB waktu setempat.

Menunggu waktu berbuka puasa tiba, kita bisa lesehan di sepanjang trotoar yang sudah disediakan oleh para pedagang bagi para pengunjung. Setelah itu pesanlah menu takjil sesuai apa yang kita inginkan. Sembari menunggu pesanan diantar, berbincang dan bercanda dengan kerabat atau keluarga yang ikut, menjadi pilihan menyenangkan untuk menunggu di kumandangkannya adzan maghrib. Tak perlu khawatir, bagi Anda yang ingin menyegerakan ibadah salat maghrib dapat langsung menuju ke Masjid Kampus UGM yang terletak persis di samping Pasar Sore ini.

Tertarik mencoba? Penasaran berburu takjil di area kampus UGM? Silakan datang dan berkunjung ke Pasar Sore yang berdiri di sepanjang jalan dari Sagan menuju Selokan Mataram ini. Temukan keceriaan ngabuburit bersama teman dan keluarga ditemani dengan ratusan menu takjil yang dijajakan. Selamat mencoba!

Pengirim:

Luthfia Ayu Azanella

Twitter: @Luthfiaayu_

Facebook: Luthfia Ayu Azanella

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.  

Mulai 1 Juli sampai dengan 13 Juli Citizen6 mengadakan program menulis bertopik ke-15: Tempat Asyik Buat Ngabuburit berhadiah router dan merchandise cantik. Info detail di sini 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.